RADAR JOGJA – Dansatgas TMMD Kodim 1205/Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan mengajak masyarakat desa sasaran TMMD yakni Desa Tirta Karya dan Wirayuda, Kecamatan Ketungau Tengah, untuk ikut melestarikan hutan. Hal disampaikan saat meninjau progres jalan sasaran TMMD 109 Sintang  sepanjang 11 km yang sudah kelar 100 persen, Minggu (18/10).

Di tengah rintik hujan yang mengguyur Dusun Sekapat, Eko Bintara mengatakan di sekitar jalan baru yang jadi sasaran fisik TMMD 109/Sintang tampak masih asri hutan yang ditumbuhi pepohonan tahunan dan tak tersentuh sedikitpun dari tangan  jahil. Oleh karena itu selain menjalankan tugas pokoknya, Satgas TMMD 109 Sintang sambil menjaga alam di sekitarnya.

“Ini dapat kita lihat bersama di sekitar dan sepanjang jalan yang kita garap, masih banyak pepohonan yang tumbuh tinggi menjulang. Alhamdulillah ini terlestarikan. Kami berupaya semampu kami pada pelaksanaan tugas pokok sebagai Tim Satgas TMMD, sembari menjaga kelestarian alam di Bumi Senentang ini,” ujarnya sambil menunjuk rimbunnya pepohonan di sekitar jalan.

Sebagai Dandim 1205/Sintang ketika mendengar illegal logging, jangankan sampai menjual, mendengar ada orang menebang kayu di hutan saja mengaku sedih. “Jangankan sampai menjual, mendengar orang menebang hutan saja saya cukup sedih,” ujarnya. (*/laz)

Nusantara