RADAR JOGJA – Dansatgas TMMD 109/Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan menyapa anak-anak pengunjung Perpustakaan Apung di Batas Negeri. Salah satunya Robi, 9, yang sedang membaca dan tiba-tiba dihampiri Eko Bintara. Mereka berdua pun mengobrol dengsn hangat.

Sesekali Robi juga  bertanya ke Dansatgas TMMD 109/Sintang tentang sesuatu yang belum diketahuinya.  Tak hanya Robi, anak-anak lainnya juga di hampiri Dansatgas dan diajak bincang-bincang.

“Tugas TNI melakukan pengabdian kepada bangsa dan negara. Di dalamnya turut mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satunya dengan mendirikan Perpustaan Apung. Kalian suka membaca tidak?,” tanya Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan ke anak-anak yang dijawab “suka”.

Dikatakan, gagasan ini muncul sejak ia datang ke Kabupaten Sintang awal 2020 lalu. “Namun seiring waktu, akhirnya kami selaraskan dengan kegiatan TMMD 109/Sintang,” ungkap perwira menengah ini.

Sementara itu, Pjs Camat Ketungau Tengah Patrianus sangat berterima kasih dengan adanya ide dan gagasan Perpustakaan Apung di Batas Negeri ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif ketika anak-anak menjalani masa vakum tatap bersekolah.

“Selain bias menjadi hiburan, Perpustakaan Apung di Batas Negeri ini bisa sebagai upaya kita membangkitkan minat dan gemar membaca anak-anak,” ujar Patrianus. (*/laz)

Nusantara