RADAR JOGJA – Hidup di era teknologi seperti sekarang ini memang dituntut untuk serba cepat dan efektif dalam melakukan berbagai hal. Mengerjakan project secara bersama saat ini sudah menjadi suatu hal yang lumrah. Mulai dari project yang skalanya masih kecil hingga project skalanya yang besar.

Mengatur suatu project sampai selesai tentu bukanlah hal yang mudah, apalagi team tidak bekerja dalam satu lokasi.  Pada kondisi seperti ini pengelolan bersama untuk melakukan satu project dengan cara tradisional seperti mengisi form progress sangat tidak efisien. Bukan saja membosankan tapi juga melelahkan. Sistem inipun tidak memungkinkan untuk kolaborasi tapi hanya untuk pengelolaan saja.

Bagaimana dengan email?  Email bisa digunakan tetapi kurang membantu jika menyangkut topik yang panjang, melibatkan banyak stakeholder serta membutuhkan pengelolaan banyak dokumen.  Solusi yang paling tepat adalah menggunakan SENGKUYUNG, aplikasi kolaborasi pekerjaan secara online.

CEO PT Delta Data Mandiri Steven Law mengatakan, SENGKUYUNG dalam bahasa Jawa berarti dikerjakan bersama-sama secara gotong-royong. Seperti arti namanya, aplikasi SENGKUYUNG dibuat untuk memudahkan kolaborasi pekerjaan menjadi lebih sederhana dan menyenangkan.

Dia memastikan SENGKUYUNG akan diluncurkan awal Desember 2020. Di tengah pandemi yang mengharuskan banyak orang bekerja di rumah, Steven yakin, SENGKUYUNG akan mendukung kerja kolaboratif mereka jadi lebih mudah dan menyenangkan.

”Aplikasi SENGKUYUNG memungkinkan anggota tim tidak perlu lagi menempel kertas sticky pada papan yang sudah ketinggalan zaman. Setiap anggota tim bahkan bisa melihat progress kinerja dari setiap anggota team yang lain secara realtime. Cara ini sangat membantu untuk bisa mengetahui sejauh mana pekerjaan akan selesai,” jelasnya.

Dia menjelaskan, SENGKUYUNG adalah aplikasi buatan dalam negeri. Aplikasi ini lebih unggul dibanding aplikasi sejenis buatan luar negeri sekalipun. Di SENGKUYUNG tidak hanya bisa mengorganisir file-file dan mengatur korlaborasi kerja, tapi juga bisa melakukan video conference. Dengan video conference, perkembangan proyek dan langkah kerja yang harus dilakukan bisa dibicarakan dan diputuskan dengan cepat. Tidak hanya bisa diikuti semua anggota tim, video conference ini juga bisa diikuti ratusan peserta pasif dengan performa streaming yang tetap baik.

”SENGKUYUNG telah tersedia dalam versi web maupun mobile, baik Ios maupun android.  Meskipun belum diluncurkan secara luas di play store, atau app store, aplikasi ini telah digunakan oleh beberapa perusahaan besar dan menengah yang menjadi mitra PT Delta Data Mandiri, yaitu perusahaan yang mengembangkan aplikasi ini,” jelasnya.

Melihat respons positif para mitra yang menggunakan SENGKUYUNG, PT Delta Data Mandiri berencana akan meluncurkan aplikasi ini pada masyarakat luas pada bulan Desember 2020. Saat ini  aplikasi Sengkuyung bisa didapatkan dengan menghubungi website PT Delta Data Mandiri di Deltadatamandiri.com. (*/ila)

Nusantara