RADAR JOGJA – Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Jogja melakukan pemantauan pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di komplek Balaikota Jogja, Selasa (26/05). Di antaranya Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jogja dan Dinas Sosial Kota Jogja. Pemantauan itu dilakukan guna memastikan pelayanan terhadap masyarakat usai libur lebaran akhir pekan lalu berjalan lancar. 

Koordinator Forpi Kota jogja Wahyu Wijayanta menjelaskan, pelayanan di dua kantor tersebut tampak banyak warga yang mengantre.

“Salah satu petugas pelayanan loket mengatakan presensi kehadiran staf menggunakan sidik wajah. Tidak ada absensi manual. Semua pegawai masuk kantor kecuali yang hari ini tidak masuk karena menggunakan sistem shift,” jelasnya usai melakukan pemantauan. 

Lebih lanjut Wahyu menambahkan warga yang mengatre rata-rata mengurus pembaruan Kartu Keluarga, ada pula yang mengurus keterangan kematian. Selain itu, warga yang ingin mendapatkan pelayanan juga telah mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Sbeelum menuju kantor Disdukcapil warga dapat melengkapi berkas-berkas yang diperlukan terlebih dahulu agar tidak bolak-balik. 

“Protokol kesehatan di kantor Disdukcapil Kota Jogja dalam melayani masyarakat sudah sesuai. Misalnya disediakan tempat cuci tangan dan hand hanitazer,” ujarnya.

Sedangkan dalam pemantauannya di kantor Dinas Sosial Kota jogja, pihaknya melihat adanya presensi manual yang sudah ditanda tangani, dan jam datang ke kantor. Selain itu, suasana kantor juga cukup ramai warga yang ingin mengurus Kartu Menuju Sejahtera (KMS). 

Dari hasil pemantauan, pelayanan kepada masyarakat pada hari pertama masuk kerja usai libur lebaran berjalan lancar. Tifak ditemukan adanya ASN yang membolos maupun tidak masuk kerja. 

“Forpi Kota jogja berharap selama masa pandemi covid – 19 ini kinerja para ASN tetap berjalan seperti biasanya. Tidak patah semangat dalam melayani masyarakat,” tutur Wahyu. 

Sekretaris Dinas Sosial Pemerinta Kota Jogja Ratih Ekaningtyas menambahkan, pelayanan pada hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran memang cukup ramai. Agar pelayanan tetap berjalan lancar, maka pegawai atau staf yang seharusnya libur juga membantu di loket pelayanan. (sky/tif)

Nusantara