RADAR JOGJA – Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung memiliki Teluk Kilauan yang menjadi destinasi wisata bahari. Teluk ini terkenal sebagai tempat perlintasan lumba-lumba, wisatawan bisa dengan mudah menemukan lumba-lumba berenang di pinggiran pantai.

Dilansir dari jawapos.com, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) terus mendukung upaya desa dalam memajukan program unggulan di sektor pariwisata.

Kepala Desa Kiluan Negeri Kadek Sukrasena mengatakan, pengunjung yang datang ke Teluk Kiluan bukan hanya wisatawan domestik, tapi juga mancanegara. ”Justru wisatawan asing betah tinggal berbulan-bulan untuk menikmati keindahan alam sekitar desa kami,” ujarnya.

Program Inovasi Desa (PID) yang dikembangkan Desa Kiluan Negeri ini telah menjadi objek wisata unggulan Kabupaten Tanggamus. Pada umumnya, wisata tur lumba-lumba dapat dilakukan mulai pukul 06.00 hingga 09.00 menggunakan perahu ketingting, khas daerah setempat.

Di sekitar Teluk Kiluan juga terdapat Pulau Kelapa yang merupakan tempat ideal bagi aktivitas wisata air seperti snorkeling, berenang, atau sekadar menikmati pantai berpasir putih. Menurut dia, wisata alam dengan konsep pemberdayaan masyarakat ini memberikan dampak ekonomi secara langsung kepada masyarakat. (jpc/ila)

Nusantara