JOGJA- Unisa Festival 2019 sebagai rangkaian Milad Universitas Aisyiyah (Unisa) Jogja ke-28 akan digelar di Halaman kampus, Minggu (7/7) mendatang. Mengusung tema Sport and Culture for Better Life acara ini mencoba mengajak masyarakat untuk hidup lebih sehat.

Kepala Biro Humas Unisa Jogjakarta Sinta Maharani dalam audiensinya, Kamis (27/6), mengungkapkan, perguruan tinggi memiliki tanggung jawab moral  untuk mengarahkan remaja dalam pembentukan karakter yang baik dan fisik, jiwa yang sehat.

Terbentuknya kepribadian yang baik merupakan cita–cita dan dambaan setiap negara, karena dengan demikian akan tercipta generasi yang bermakna dalam mengerakkan diri sendiri, dan untuk berbuat sesuatu yang bermakna.

”Unisa Festival 2019 ini diselenggarakan dengan maksud mengajak anak muda dan masyarakat umum untuk mengampanyekan hidup sehat jiwa dan raga, saling berbagi dan peduli dan meningkatkan kreativitas dan kehidupan yang sehat,” ujarnya.

Sinta menjelaskan, nantinya acara ini akan dibuka dengan event running bagi pelajar, umum, dan TNI/Polri. Kemudian dilanjutkan dengan sejumlah aktivitas menarik lain seperti senam ergonomik, kampanye pemakaian saputangan yang rencananya akan dimasukan dalam rekor MURI, culture festival, education fair,  flea market, bazar sembako murah, bazar fashion dan kuliner serta pemeriksaan kesehatan gratis yang akan menarik pengunjung.

Selain itu, acara ini juga dilengkapi dengan cek kesehatan gratis seperti deteksi dini kanker serviks (IVA), gula darah, asam urat, kolesterol, HB, pemeriksaan fisioterapi, pemeriksaan lemak, tumbuh kembang anak, psikologi dan sebagainya.

”Untuk memeriahkan acara ini Unisa mengundang bintang tamu Guyon Waton. Unisa Festival ini ingin mengintegrasikan beberapa aspek dalam diri baik, fisik, sosial, budaya untuk mengembangkan karakter generasi muda dan masyarakat umum demi menghadapi kemajuan yang semakin cepat,” ucap Sinta. (sce/met/ila)

Nusantara