JOGJA – Ma’ruf Amin menegaskan dalam proses berkampanye dia selalu menekankan pentingnya program dan kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Sosok yang dikenal fokus dalam pengembangan ekonomi syariah ini menyatakan, di tengah kondisi bangsa Indonesia yang plural, pengembangan ekonomi diharapkan bisa membawa kesejahteraan bangsa.

Menurutnya langkah membangun Indonesia perlu ditingkatkan, salah satunya membangun manusianya. “Ekonomi Indonesia ke depan harus dibangun dari bawah dan berkeadilan, sesuai sila ke lima Pancasila bagi seluruh rakyat,” katanya saat berada di Jogjakarta.

Untuk menuntaskan pembangunan, ke depan yang perlu dikerjakan adalah menghilangkan disparitas atau kesenjangan antar daerah. Kondisi yang berbeda jauh dalam soal pembangunan daerah harus segera dituntaskan.

Ma’ruf Amin menyebutkan langkah pemerintah di bawah kepemimpinan Jokowi dengan bukti nyata membangun Papua, bangun infrastruktur jalan hingga pelosok patut dilanjutkan.

Terpisah, anggota Dewan Pakar Masyarakat Ekonomi Syariah Iman Sugema menyebutkan kehadiran Kiai Ma’ruf Amin ke berbagai pesantren seperti yang dilakukannya di Jogjakarta bisa menciptakan momentum bagi pengembangan ekonomi umat atau ekonomi kerakyatan.

“Pondok Pesantren merupakan basis human capital bagi pengembangan model pergerakan ekonomi umat. Selain itu, jaringan alumni pesantren bisa menjadi backbone bagi pengembangan UMKM 4.0 di berbagai daerah,” kata Iman Sugema. (kus/ila)

Nusantara