JOGJA – Lembar surat suara Pilpres yang masuk dalam rekapan KPU Kota Jogja tidak banyak ditemukan kerusakan signifikan. Hanya terdapat kerusakan kecil saja, misalnya robek pada bagian lipatan. Atau terdapat bercak tinta warna kuning pada salah satu pasangan capres- cawapres.
Ketua Divisi Logistik KPU Kota Jogja Hidayat Widodo mengatakan, logistik yang diterima dari KPU Pusat secara keseluruhan dalam kondisi baik. Namun demikian, proses pelipatan lembar surat suara Pilpres tetap masuk dalam berita acara ketika ditemukan adanya kerusakan. “Kalau jenis kerusakannya tidak signifikan. Hanya ada beberapa lembar yang sobek pada bagian lipatannya,” kata Hidayat, kemarin (24/6).
KPU Kota Jogja mengkonfimasi kiriman logistik dari pusat telah diterima. Di antaranya formulir C1 berhologram, piglet, daftar pasangan Capres dan Cawapres. Sedangkan logistik dari DIJ seperti sampul-sampul surat suara, formulir C2 sampai C7, dalam minggu ini dimungkinkan sudah diterima KPU Kota Jogja. Ya, sebanyak 52 orang dilibatkan dalam proses pelipatan lembar surat suara Pilpres. Mereka, berasal dari warga yang bukan merupakan simpatisan pasangan capres tertentu, dan tidak terlibat dalam aktifitas tim sukses. Ini untuk menghindari hal-hal negatif dalam proses pelipatan lembar surat suara. “Semuanya dari warga yang tidak memiliki kepentingan dalam pilpres ini. Untuk keamanan dan pengawasan kami libatkan dari kepolisian, PPK dan PPS,” ujarnya.
Pelipatan surat suara sendiri dilakukan di gedung penyimpanan logistik KPU Kota Jogja di Jalan Ngeksigondo, Kota Gede, Jogja. Pelipatan dimulai pukul 08.00. KPU Kota Jogja pelipatan surat suara. Sedangkan pegawai pelipatan, per lembarnya dibayar Rp 75 rupiah. Ketua KPU Kota Jogja Wawan Budianto menegaskan, hasil dari proses ini nantinya akan dibuatkan berita acara. Termasuk mencantumkan jika terdapat kerusakan lembar surat suara. Lalu, untuk jumlah yang rusak akan dilaporkan ke KPU Pusat untuk diganti. “Kita selesaikan dulu, tidak harus selesai secepatnya. Kami rencanakan empat hari bisa selesai,” kata Wawan.
Wawan menegaskan, jika dilihat dari kualitas gambar dan tinta, saat ini lembar surat suara lebih bagus dari Pileg lalu. Jumlah surat suara yang diterima KPU Kota Jogja untuk Pilpres kali ini sebanyak 316.486 lembar sesuai data Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan legislatif. Juga ditambah 1.000 lembar surat suara yang digunakan apabila ada pemilu ulang. Surat suara itu dikemas dalam 159 boks.(fid/pra/din)

Nusantara