PATUK – Perajin topeng kayu di Gunungkidul percaya pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Jokowi-JK mampu mengemban kepercayaan rakyat. Kedua tokoh tersebut diyakini bisa memimpin Indonesia lima tahun ke depan. Ekspresi dukungan dilakukan perajin dengan menggelar deklarasi dan pernyataan sikap di Pendopo Desa Wisata Kerajinan Batik Kayu Bobung, Putat, Patuk (22/6). “Kami percaya Jokowi-JK punya kepedulian terhadap rakyat, termasuk pelaku kesenian agar lebih sejahtera,” kata koordinator acara deklarasi, Ismadi.
Dia mengatakan untuk memeriahkan acara dipentaskan seni jatilan. Pentas itu bisa dinikmati semua usia, sekaligus mempromosikan Bobung, yang selama ini dikenal sebagai kampung wisata perajin topeng batik kayu. “Warga Bobung rata-rata hidup dari hasil kerajinan batik kayu, yang kini sudah orientasi ekspor. Kami Jokowi-JK bisa menang dan mendorong ekonomi dan pendapatan perajin semakin sejahtera,” ujarnya.
Ismadi mengatakan satu unggulan paket wisata di kampung Bobung yaitu pelayanan pembelajaran langsung proses batik. Baik topeng dan aneka produk batik kayu yang lain. Pengunjung bisa menikmati lingkungan alam pedesaan sekaligus belajar pada perajin. “Bahan kayu batik tinggal njejak, mengerjakan sampai selesai, lalu bisa bawa pulang untuk suvenir. Di Bobung kami tawarkan wisata pengetahuan dan penelitian, belajar budaya di desa,” ujarnya.
Ketua Tim Kemenangan Jokowi-JK Gunungkidul Budi Utama mengatakan Jokowi berasal dari rakyat. “Kemenangan bisa diraih jika semua bersatu,” katanya. Anggota DPRD DIJ dari PDIP Eko Suwanto meminta relawan tidak terprovokasi kampanye hitam. “Kita menang dengan cara-cara indah,” ujarnya. Dukuh Bobung Kemiran meminta masyarakat menjaga kerukunan. Beda pilihan jangan dijadikan alasan bermusuhan. “Saya rasa masyarakat sudah pintar menentukan pilihan,” kata Kemiran. (gun/iwa)

Nusantara