RADAR JOGJA – Kamus Merriam-Webster merilis kata dengan arti baru. Kini kata they  punya arti baru. Bukan hanya untuk menyebut kata ganti orang ketiga jamak yang berarti mereka saja.  They  juga bisa dipakai sebagai kata ganti tunggal untuk orang yang tidak mau disebut sebagai laki-laki atau perempuan alias nonbiner.

Dilansir dari jawapos.com, Editor senior di Merriam-Webster Emily Brewster mengatakan, Merriam-Webster tidak mencoba untuk menjadi pelopor perubahan bahasa. Menurutnya, selama beberapa dekade belakangan ini, they sering digunakan untuk menyebut orang nonbiner.

Menurutnya, saat ini media sosial sangat berperan dalam eksperimen penciptaan kata-kata baru dan menciptakan evolusi dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa, kata bisa datang dan pergi. Namun, kata yang bertahan dan penggunaannya meningkat perlu dicatat dan dideskripsikan.

Dalam website-nya, Merriam-Webster mengungkapkan, they secara konsisten digunakan sebagai kata ganti tunggal sejak akhir 1300-an. Penggunaan they untuk kata ganti orang yang bukan lelaki atau perempuan juga kian sering, baik dalam pembicaraan tak resmi maupun dalam penulisan secara resmi.

Meski begitu, ada perdebatan bahwa penggunaan they tersebut tidak sesuai dengan tata bahasa. Perkembangan kata they dengan arti tunggal juga menjadi cerminan perkembangan you sebagai kata ganti jamak menjadi tunggal. Jika menjadi kata ganti jamak, you berarti kalian. Sebagai kata ganti tunggal, you berarti kamu atau Anda.

Merriam-Webster bukan satu-satunya yang mengakui they sebagai kata ganti tunggal untuk orang nonbiner. The American Dialect Society sudah memilih they sebagai kata terpilih 2015. They lazim digunakan sebagai kata ganti orang transgender dan penderita sindrom Klinefelter. Penderita sindrom itu memiliki kelebihan kromosom X. Biasanya, laki-laki memiliki kromosom XY. Nah, penderita sindrom Klinefelter memiliki kromosom XXY. Kelebihan X-nya bisa satu atau lebih. (jpc/ila)

Internasional