RADAR JOGJA – Citra Pratiwi menggelar pameran tunggalnya dengan tajuk The Garden of Memories di ruang pamer lobi Artotel, Kamis (21/10). Citra yang mengadopsi nama Rawraw ini menghasilkan karya yang sangat bertekstur, warna-warna yang cerah dan ekspresif.

Seri “Bloom” juga dihadirkan dengan ciri khas tentang rangkaian warna-warni bunga tropis di musim panas yang mekar secara masal. Menghadirkan 13 karya seni, Citra menuturkan, karya yang ditampilkan berisi visualisasi dari bentuk bunga, hati, boneka beruang dalam bentuk dua dimensi dan objek tiga dimensi.

Pameran kali ini berangkat dari konsep ephemera, yang merupakan sebuah kata yang digunakan untuk merujuk kepada sesuatu yang tidak kekal. “Menggunakan bunga untuk menjadi simbol ephemera yang menghadirkan bentuk yang menggugah kenangan. Menghubungkan ephemera dengan konsep Buddhis di budaya Jepang, yaitu Mono No Aware. Konsep ini merupakan sebuah bentuk kesadaran akan ketidak-kekalan sehingga membuat manusia memiliki empati terhadap hal-hal kecil,” tutur Citra.

Citra menambahkan, bukan hanya sekadar isian warna tetapi juga sebuah objek, warna yang hadir secara gestural dalam bentuk abstrak adalah sebuah lapisan perasaan. “Rawraw ingin mengajak audiens untuk masuk ke dalam memori sekaligus sebuah refleksi dan penerimaan atas hal yang sifatnya tidak abadi,” jelasnya. (om7/ila)

Seni dan Budaya