RADAR JOGJA- Rofa Band, kelompok musik yang digawangi K.H. Muhammad Fuad Riyadi (Gus Fuad Plered), pimpinan Pondok Pesantren Roudlotul Fatihah Bantul, baru saja meluncurkan video single “Lara Banget Neng Atiku” akhir pekan ini, yang bisa disaksikan lewat kanal YouTube mereka.

Single berbahasa Jawa ini dikemas secara khusus untuk memberi warna baru di tengah gelombang produksi audio-visual lagu-lagu dangdut koplo yang cenderung seragam.

“Kalau bicara soal cinta, sejak purba hingga sekarang ya sama saja, namun kami ingin menggarap visual lagu ini secara serius, dan seharusnya musik dangdut koplo di Indonesia bisa memberikan value tersendiri bagi masyarakat, khususnya dari segi visual, kami berusaha mengeksplorasi itu, tidak hanya main-main atau semata demi hiburan,” ujar Uly Assidqi, sutradara dan video maker untuk single tersebut, Minggu (13/12) lewat keterangan tertulis.

Dengan mengambil latar syuting di objek wisata Geoforest Watu Payung Turunan, Girisuko, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Rofa Band tampil unik dengan kostum tribal dan elemen-elemen purbakala. Rofa juga melibatkan masyarakat sekitar untuk memerankan beberapa sosok di video ini demi memberi penguatan dan perluasan karakter.

Muhammad Andrea Gunawan selaku manager menambahkan, lirik dan lagu yang dikarang oleh Gus Fuad Plered didukung oleh aransemen musik dari Sasi Kirono dan Adiyatma Dadi Raharjo. Meski cuma berdurasi 3 menit 17 detik, lagu ini menurutnya memiliki elemen aransemen yang cerdas yang tidak mudah dilakukan. “Kemunculan single ini tentu saja akan semakin memberi warna pada geliat dangdut koplo Jogja dan Indonesia pada umumnya,” katanya (sky)

Seni dan Budaya