RADAR JOGJA – Dalam rangka Merti Dusun, sekaligus memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia, warga Kalibayem Sonopakis Ngestiharjo Kasihan Bantul menggelar atraksi seni dan budaya.

Puncak acara kegiatan tersebut menggelar pagelaran wayang kulit dihadiri anggota DPR RI Drs.H.Idham Samawi, perwakilan OPD Ngestiharjo, perwakilan pemerintah desa, Danramil, Kapolsek,  dan warga Kamis (29/8).

Sebelum pagelaran wayang kulit dimulai dilakukan prosesi serah terima wayang dari H.Idham Samawi kepada Dalang Ki Seno Nugroho. Pagelaran wayang kulit yang mengambil lakon Durno Rante memberi pesan moral kepada warga bahwa segala masalah dan rintangan dapat diselesaikan dengan baik.

Ketua panitia, Antonius Anwar mengharapkan kegiatan atraksi seni budaya warga Kalibayem dapat meningkatkan apresiasi dan semangat untuk melestarikan seni budaya, kerjasama dan memupuk rasa guyub rukun antar warga.

“Pada 8 September nanti akan dilaksanakan kirab bregodo yang diikuti oleh setiap padukuhan yang ada di Ngestiharjo. Dengan partisipasi masyarakat yang begitu besar, pelaksanaan acara ini akan menjadi daya tarik wisata sehingga wisatawan dan masyarakat luar dapat menyaksikan kirab tersebut,” jelasnya

Dikatakan Wardoyo selaku Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY, adanya kegiatan ini menjadi sebuah motivasi untuk mengembangkan potensi wilayah Ngestiharjo menjadi kekuatan daya tarik wisata.

“Wilayah Ngestiharjo dengan segala aspek seni budayanya tidak kalah dengan daerah lainnya. Potensi sumber daya manusia dan potensi kesenian yang saling berkolaborasi dapat menjadi kekuatan untuk memajukan desa yang unggul kepariwisataannya.” Imbuh Wardoyo.(*/a1/pra)

Seni dan Budaya