alexametrics

Pelestarian Wayang dengan Ranting Daung Singkong

Upaya pelestarian wayang berlangsung dengan berbagai cara. Salah satunya dengan media ranting daun singkong. Dengan keterampilan khusus, untaian ranting bisa disulap menjadi bentuk wayang kulit dan wayang golek.

Mahasiswa ISI Sukses Gelar Dekrety #2 Neo Retro di Mall 

Himpunan Mahasiswa Desain Produk (Despro) Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta Titik.ID sukses menggelar pameran karya produk bertajuk Dekrety #2 Neo Retro. Pameran berlangsung selama satu Minggu di Atrium Jogja City Mall mulai 14 hingga 20 Maret 2022. 

Jayapatra : Dedikasi Jogjakarta bagi Bangsa

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar pameran bertajuk Jayapatra : Dedikasi Yogyakarta bagi Bangsa. Bertempat di Pagelaran Keraton, pameran ini menyajikan beragam artefak dan arsip. Khususnya tentang rekam jejak sejarah Keraton, Jogjakarta dan Indonesia.

Cintamu Bukan Untukku, Anthem Sederhana Insan Patah Hati

Lama menghilang dari industri musik, mantan vokalis band hip hop jawa Slamet Man Dyani Dee merilis single terbarunya berjudul Cintamu Bukan Untukku, Sabtu (5/3). Single pertama Dyani bersama Omah Watu Art (Production) kali ini ditulis komposer Louise Mercy Eunice dan diaransemen oleh Kelana Halim.

Absen 2 Tahun, JogjaROCKarta Akhirnya Bangkit

Dua tahun JogjaROCKarta Festival absen menyajikan festival musik rock berkelas internasional. Konser terakhir berlangsung 1 Maret 2020 di Stadion Kridosono Jogjakarta. Tepatnya sebelum pandemi Covid-19 mulai terjadi di Indonesia.

NFT Jadi Daya Tarik Prambanan Jazz 2022

Prambanan Jazz sebagai festival musik tahunan berskala Internasional di Candi Prambanan kembali digelar tahun ini. Berlangsung dari 1 hingga 3 Juli 2022 di Lapangan Rama Shinta, Candi Prambanan, Jogjakarta.

BPNB Gelar Rapat Teknis Sinkronisasi Program Kebudayaan

Stakeholder lingkup DIJ, Jateng, dan Jatim tengah melakukan sinkronisasi bidang kebudayaan. Kaitannya untuk pemajuan kebudayaan agar tidak tumpang tindih. Target pencapaiannya, program kebudayaan yang digagas bisa lebih berdampak dan bermanfaat bagi pelaku maupun masyarakat.

Rose Petals, Album ke-10 Musik Latar Indonesia

Musik Latar Indonesia (ML.Id) adalah sebuah music production studio yang baru saja dibentuk tahun 2021 lalu di Jogjakarta. Dengan mengusung konsep musik latar yang masih awam bagi penikmat musik.

HUT Ke-35 Smago Gelar Pameran Seni Rupa

SMA Negeri 1 Godean (Smago) menggelar pameran di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Pameran berlangsung selama dua hari, Kamis (10/2) dan Jumat (11/2). Pameran ini merupakan salah satu rangkaian dari perayaan ulang tahun ke-35 SMAN 1 Godean.

Edisi Terakhir, Artjog 2022 Expanding Awareness

Artjog MMXXII memasuki edisi terakhir tahun ini. Diurutkan dari rangkaiannya, festival arts-in-common dalam triplet tematik ini terdiri dari ruang, waktu, dan tahun ini kesadaran.

Jelang Imlek, Barongsai Singa Mataram Banjir Orderan

empat vakum pentas akibat pandemi Covid-19, kelompok seniman barongsai Singa Mataram mulai kebanjiran orderan. Pemimpin Singa Mataram Mersiyono mengatakan pihaknya telah menerima panggilan pentas setidaknya di 15 tempat. Beberapa jadwal berbenturan hingga akhirnya terpaksa menolak orderan pentas.

Dreams Come True, Difki Khalid Satu Label dengan Noah 

Penyanyi pendatang baru Difki Khalid berkunjung ke kantor Radar Jogja, Kamis (27/1). Ia bercerita bagaimana mimpinya dikontrak Musica Studios menjadi kenyataan. Mulai dari awal perjalanan karir hingga saat ini.

PANDI Dukung Kehadiran Kampung Aksara Pacibita di Jogjakarta

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) dan Komunitas Kampung Pacibita bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta (Disbud DIJ) mengembangkan Kampung Aksara Pacibita. Lokasinya di daerah Piyungan, Kabupaten Bantul, Jogjakarta. 

Miftah Rizaq Bercerita Kehidupan lewat Lukisan 

Pengalaman antara hidup dan mati menjadi inspirasi bagi Miftah Rizaq dalam berkarya. Pelukis asal Semarang Jawa Tengah menuangkan pengalamannya diatas kanvas. Inilah yang tersaji dalam pameran bertajuk Hidup itu Sederhana, Kita Hanya Harus Tidak Menyerah.

PSBK Aktivasi Dokumentasi dan Arsip Lewat Ingatan

Upaya pelestarian warisan koleksi arsip dan dokumentasi sosok seniman Bagong Kussudiardja terus berlanjut. Padepokan Seni Bagong Kussudiarja (PSBK) merawat peninggalan sang maestro dengan sangat serius. Salah satunya dengan merilis platform digital bernama Ingatan. 

Beragam/Berakal/Beradab, Tafsir Kebhinnekaan dalam Karya Seni

Rektor UIN Sunan Kalijaga Al Makin mendorong agar tafsir ke-bhinnekaan di Indonesia segera berkembang. Ini karena acuan keragaman yang digunakan masih di era pemerintahan Soekarno dan Soeharto. Keresahan inilah yang coba diangkat dalam pameran bertajuk Beragam/Berakal/Beradab.

Spectrum sebuah Ekspresi dari Perasaan Penuh Warna

Ada 23 karya seni penuh warna dalam pameran yang berlangsung di Mediterranea Restaurant by Kamil. Pameran bertajuk Spectrum ini berlangsung dari 1 Desember 2021 hingga awal Januari 2022 mendatang.

Manuskript Serat Langen Wibawa, Pameran dalam Kemasan Virtual

Pameran virtual pada gelaran Festival Sastra Jogja 2021  yang digelar oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja, menampilkan karya sastra Jogja. Naskah Serat Langen Wibawa milik Kadipaten Pakualaman dikemas dalam kemasan virtual yang menarik bagi masyarakat Kota Jogja dan dunia.