RADAR JOGJA – Jika sedang berwisata ke Candi Borobudur jangan lupakan spot wisata satu ini. Ya namanya Svargabumi. Terletak di tengah area persawahan, nama Svargabumi ternyata diambil dari bahasa sansekerta yang berarti serpihan surga.

Seperti arti namanya, Svargabumi menawarkan banyak view indah pemandangan eksotik area persawahan berlatarbelakang Candi Borobudur dan Bukit Menoreh.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak berkunjung kesana. Penasaran? berikut lima alasan mengapa kalian harus mampir ke Svargabumi.

1. Dekat dengan Candi Borobudur
Bila ditempuh menggunakan kendaraan bermotor, lokasi Svargabumi hanya sekitar lima menit dari Candi Borobudur. Atau berjarak sekitar 1,5 km dari Candi peninggalan dinasti Syailendra itu. Sangat mudah ditemukan karena berada di Jalan Borobudur-Ngadiharjo, Dusun Ngaran, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

2. View Hamparan Sawah
Svargabumi merupakan wisata tematik yang menawarkan view sawah dengan konsep back to nature (kembali ke alam). Total 4 hektar lahan yang saat ini digarap. Untuk area persawahan terkelola seluas 3 hektar, sedangkan untuk area parkirnya telah disiapkan 1 hektar. Lahan-lahan tersebut seluruhnya disewa dari tanah warga sekitar. Yakni warga Dusun Ngaran dan Gopalan.

Uniknya, untuk lahan sawah disewa dan masih dikelola langsung oleh pemilik dengan diatur pola dan waktu tanamnya. Sementara, bibit padi beserta pupuk hingga irigasinya difasilitasi penuh dari Svargabumi.

Sementara hasil panen nanti diserahkan sepenuhnya kepada pemilik dan pengelola lahan. Svargabumi sangat memberdayakan masyarakat sekitar. Pada fase ini pihak manajemen hanya mengambil momen tanaman padi tumbuh disekitar area wisata saja.

Untuk mengatur masa tanam, pihak Svargabumi membagi area sawah menjadi 3 zona masa tanam padi. T padi yakni padTak hanya ditanami padi lokal Srimulyo saja, tapi juga ditanam padi Black Madras dari India. Konon padi jenis ini tingkat kadar gulanya rendah.

3. Terdapat 25 Spot Foto Keren dan Instagramable
Beragam spot foto dihadirkan di tempat ini. Mulai dari pintu masuk lokasi, sudah disambut spot foto bernama Regol atau gerbang pembuka. Hingga selanjutnya terdapat berbagai spot foto lain mulai dari aneka kursi unik, ayunan, tempat-tempat santai, hutan mahony, dan kolam mini. Totalnya mencapai 25 Spot foto, dan sangat mungkin akan terus bertambah.

4. Disambut Keramahan
Berbeda dengan wisata alternatif lain, seluruh karyawan Svargabumi konsisten menyambut sekaligus menyapa pengunjungnya dengan sapaan ramah. Mereka selalu menyapa dengan salam khas yakni salam svarga yang disampaikan pengelola ataupun karyawan setiap bertemu dengan pengunjung.

Hal tersebut dimaksudkan agar pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama disana. Sehingga diharapkan selepas dari Svargabumi para pengunjung merasa senang dan mendapat pengalaman yang berkesan selama di sana.

5. Paket Svarga
Selain itu, terdapat juga paket lain yang ditawarkan. Seperti diantaranya paket wedding, paket edukasi seperti outbond, paket wisata dengan mobil VW, dan paket fotografi bagi pengunjung yang ingin lebih puas berfoto di lokasi bersama keluarga atau komunitasnya.

Bagaimana penasaran bukan? Tak perlu khawatir harga tiket masih terjangkau. Untuk harga reguler, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 30 ribu per orang untuk harga tiket dewasa dan Rp 15 ribu untuk anak-anak. (obi/naf/dwi)

Jawa Tengah