RADAR JOGJA – Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi dan Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Qoswara hadir pada acara Pembayaran Ganti Kerugian dan Pelepasan Hak Pengadaan Tanah Jalan Tol Solo – Jogjakarta – YIA Kulonprogo, di Gedung Serbaguna Desa Tarubasan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Kamis (31/3).

Kegiatan LMAN memonitoring langsung ke desa terdampak ini didampingi langsung oleh Direktur Utama PT. Jogjasolo Marga Makmur (JMM) Adrian Priohutomo, Direktur Teknik JMM Pristi Wahyono, GM Lahan dan Utilitas Mochammad T. Amin. Adapula Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten Tentrem Prihatin dan Pejabat Pembuat Komitmen Pengadaan Tanah Jalan Tol Solo – Jogjakarta – Kulonprogo I dan Jogjakarta – Bawen I Wijayanto.

“Bapak-ibu semuanya saya ucapkan terima kasih telah rela dan ikhlas memberikan kontribusi pada pembangunan untuk kemajuan Indonesia. Semoga yang dilakukan oleh bapak-ibu semua ini Insya Allah memberikan berkah. Yang kita harapkan adalah semuanya bisa memberikan manfaat untuk kepentingan yang lebih luas namun mendapatkan berkat untuk bapak-ibu sekalian,” kata Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi, Kamis (31/3).

Basuki juga mengapresiasi banyaknya bantuan dan dukungan yang dicurahkan pada proyek ini. Sehingga dapat berjalan lancar dan kondusif. Baik dari PPK, JMM, mitra perbankan, perangkat desa serta aparat keamanan. Terutama pada Kantor Pertanahan yang selalu sejak awal mengawal dan mengidentifikasi bidang lahan yang akan dibebaskan sehingga LMAN dapat dengan mudah melakukan proses pendanaan.

Pejabat Pembuat Komitmen Pengadaan Tanah Jalan Tol Solo – Jogjakarta – Kulonprogo I dan Yogyakarta – Bawen I Wijayanto menjelaskan terkait pendanaan yang mundur. Ini karena berkas yang dikumpulkan belum lengkap dan masih harus dilengkapi. Sehingga PPK belum dapat mengajukan ke LMAN.

“Total pembayaran Uang Ganti Untung dan Pelepasan Hak Pengadaan Tanah dan Jalan Tol Solo – Jogjakarta – YIA Kulonprogo I, di Desa Tarubasan,bKecamatan Karanganom pada kegiatan ini adalah sebanyak 13 Kepala Keluarga. Memiliki nilai total sebesar Rp. 7 Milyar,” katanya.

Direktur Utama JMM Adrian Priohutomo mengapresiasi dukungan penuh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya. Tidak lupa pula kepada 13 warga penerima UGK yang hadir. Peran ini turut serta membangun infrastruktur yang dapat mendongkrak perekonomian di daerah Klaten dan sekitarnya.

“Kami sangat yakin dan optimis dengan adanya Jalan Tol ini , Klaten dan sekitarnya akan dapat menikmati manfaatnya nanti,” ujar Adrian.

Hal serupa disampaikan oleh Tentrem Prihatin selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten. Tentrem menyampaikan terima kasih kepada LMAN yang dengan cepat membayar Uang Ganti Kerugian yang diajukan oleh PPK sehingga warga tidak terlalu lama menunggu.

“Semoga kerjasama yang baik ini terus berjalan dengan lancar hingga proyek ini bisa terwujud,” katanya. (Vis/Dwi)

Jawa Tengah