RADAR JOGJA – Nuansa humanisme mewarnai peringatan HUT Ke-10 Partai NasDem di Kantor DPD Partai NasDem Purworejo di Jalan Bajangrejo, Kecamatan, Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Kamis (11/11). Selain menggelar prosesi potong tumpeng, kegiatan juga diselingi pemberian santunan bagi anak yatim.

Ketua DPD Partai NasDem Purworejo Eko Januar Susanto, SIP mengatakan, di usia yang ke 10 tahun, partai NasDem telah mampu mewarnai demokrasi di Indonesia. Sesuai harapan para pendiri partai dan ketua umum, partai NasDem didirikan bukan hanya berbicara merebut kekuasaan dan mempertahankan kekuasaan. Namun, diatas itu, kekuasan yang sesungguhnya adalah kekuasaan yang sebesar-besarnya digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Partai ini didirikan dengan tujuan membentuk peradaban baru, peradaban yang lebih baik, dengan semangat gerakan perubahan dan restorasi Indonesia. Usia 10 tahun tentu waktu yang cukup panjang dalam mengarungi alur demokrasi, dua pemilu (Pilkada) sudah dilalui, dan dalam setiap pemilu ada romantika dan dinamika, dan Alhamdulilah dari pemilu ke pemilu, NasDem semakin dipercaya dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat,” ucapnya.

Dijelaskan, segala bentuk hambatan dan kekurangan baik di internal dan eksternal mampu dilalui dan partai NasDem berhasil menunjukkan eksistensi sebagai partai politik sekaligus partai yang modern. Partai NasDem juga tidak tinggal diam di tengah hantaman wabah Covid-19 yang cukup menghambat laju perekonomian masyarakat. Terlibat aktif membantu pemerintah menangani wabah Covid.

“Maka tahun 2021, sisi kemanusuiaan (humanisme) dan sisi sosial lebih dikedepankan, membantu pelaksanaan vaksinasi untuk menciptakan herd immunity, menyalurkan 2000 dosis vaksin dengan baik dan lancar, agenda itu tentu terselenggara berkat soliditas kerjasama gotong royong semua nya. Saya sangat mengapresiasi seluruh jajaran kepanitian termasuk Garda Pemuda (GP NasDem), Garnita Malahayati dan sayap partai NasDem lainnya,” jelasnya.

Ditambahkan, mengutip quote dari Gus Dur bahwa yang lebih penting dari politik adalah kemanusian. Tagline itu yang kemudian mengilhami HUT ke 10 Partai NasDem yang penuh dengan warna sosial dan kemanuisaan. Banyak agenda yang sudah dilaksanakan, diantaranya atributisasi (pemasangan 1000 bendera, spanduk HUT dan lain-lain,red), bakti sosial di pondok pesantren serta pembagian 1000 nasi bungkus se Kabupaten Purworejo.

“Agenda hari selain pemotongan tumpeng kami juga memberikan santunan kepada anak yatim. Mudah mudahan semua rangkaian kegiatan ini mendapatkan berkah dari Allah SWT,” anggota DPRD Kabupaten Purworejo dua periode ini.

Menyinggung agenda kepartain, dalam waktu dekat Partai NasDem bakal melaksanakan Rakerwil di Jogjakarta untuk merumuskan sejumlah kebijakan strategis sebagai langkah partai di tahun 2022-2023. Namun sebelum Rakerwil dimulai, DPD Partai NasDem Purworejo sudah mengambil start lebih awal, tepatnya dua bulan terakhir dengan melakukan rantingisasi hingga tingkat desa-desa se Kabupaten Purworejo.

“Kedepan semua barisan akan disolid-kan, representasi dari masing-masing desa akan diundang. Minimal 2021 akhir atau di penghujung tahun, warna NasDem sudah ada di semua kampung dan desa-desa. Sekali lagi selamat untuk partai yang kita cintai dan banggakan ini, semoga NasDem menjadi partai yang abadi, bukan partai musiman yang bergerak menjelang pemilu saja, menjadi trendsetter politik, khususnya di kabupaten Purworejo,” katanya.

Ketua Bapilu Partai NasDem Kabupaten Purworejo, Muhammad Abdullah SE SH menambahkan, tanpa terasa partai NasDem sudah berumur 10 tahun, tentu bukan usia yang tua, sekaligus bukan usia muda. Kendati masih berusia 10 tahun, namun prestasi yang berhasil tertoreh partai NasDem telah tercatat dengan tinta emas yang berhasil ditancapkan di bumi pertiwi. Parameter-parameter keberhasilan partai NasDem secara nasional sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Pertama ikut pemilu berhasil mengusung presiden, periode kedua kembali berhasil dan ini prestasi yang belum pernah dicapai partai manapun, dan ini wajib disyukuri.

Di Kabupaten Purworejo sedemikian rupa, pemilu pertama (2014) NasDem langsung mendapatkan kursi di parlemen, pemilu berikutnya (2018) bahkan berhasil mendapatkan 5 kursi , dan tahun 2024 partai Nasdem optimis mendudukan wakilnya sebagai Ketua DPRD Purworejo. Target minimal itu dinilai tidak muluk-muluk, bahkan ada peluang 8 kursi di DPRD Purworejo di tahun 2024 mendatang. “Kami tidak asal membuat target, ada perhitungan matang dan cermat, hal itu juga sudah terbukti di tahun 2018 target tidak meleset, target 5 kursi terpenuhi dan hal itu tidak terlepas dari kerja keras semua dan ridha Allah SWT,” ucapnya. (sce/tom/ila)

Jawa Tengah