RADAR JOGJA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Talkshow “Toleransi di Era Digital”. Talkshow ini mengangkat tema “Mari Tolak dan Lawan Radikalisme Bersama Kominfo” bertempat di Stylo Cafe& Kitchen, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (24/6).

Dalam acara ini menghadirkan Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Bambang Gunawan dan Kasubdit Pengamanan Lingkungan BNPT Kol. Czi Rahmad Suhendro. Dalam acara tersebut, Kominfo mengajak Generasi Milenial untuk lebih bijak menggunakan media sosial.

Kominfo juga memberikan arahan bagaimana menggunakan media sosial yang baik dan berbagai cara mengoptimalkan digital melalui media sosial. Bambang menceritakan, kegiatan tersebut merupakan sinergitas antara Kominfo dengan BNPT, bagaimana menanggulangi radikalisme yang subur dan banyak menjadi sasaran yaitu generasi muda milenial.

“Mari gunakan media sosial dengan lebih bijak dan santun, bukan hanya pas ketemu santun tetapi di media sosial juga,” ujar Bambang Gunawan.

Bambang berharap masyarakat semakin bijak tidak serta merta ditelan mentah mentah dalam menerima informasi dan dianggap suatu kebenaran. Kol. Czi Rahmad Suhendro menjelaskan, negara hadir di masyrakat dalam menanggulangi paham radikalisme dan intoleransi ini. BNPT lebih banyak menggunakan hati dan pendekatan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak terpapar paham tersebut.

“Orang tua juga harus waspada terhadap media untuk anak tentang bahaya radikalisme ini. Masa pandemi ini merupakan waktu gencar gencarnya para pelaku radikalisme dalam menyampaikan paham tersebut sehingga masyarakat harus lebih bijak dalam menggunakan media sosial,” ujarnya. (*/kus/ila)

Jawa Tengah