RADAR JOGJA – Pemerintah Desa Sikambang, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, membuka Pasar Ramadan. Lokasinya di halaman Balai Desa Sikambang. Pasar Ramadan secara resmi dibuka Pjs Kades Sikambang Sariyo pada puasa hari kedua.

Pasar ini buka selama Ramdan setiap sore mulai pukul 16.00. Pasar ini menyediakan aneka macam kuliner untuk menu berbuka puasa. Di antaranya, gorengan, bakso, dan kudapan. Semua dibuat oleh warga setempat. Harganya bervariasi. Harga mulai Rp 2 ribu sampai Rp 7 ribu.

“Pasar ini dibuka untuk menyemarakan Ramadan 1442 Hijriyah. Selain itu, untuk mengangkat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan menjaga perputaran uang di Desa Sikambang. Harapannya perekonomian warga terdongkrak,” ucap Sariyo seperti dilansir dari Radar Purworejo.

Ditegaskan, pandemi bukan menjadi halangan untuk berkegiatan. Syaratnya wajib menerapkan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19. “Yang penting disiplin. Semua wajib mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” tegasnya.

Dijelaskan, warga Desa Sikambang biasanya mencari menu berbuka puasa ke Pasar Pituruh. Keberadaan Pasar Ramadan ini membuat warga tidak perlu lagi jauh-jauh memperoleh menu berbuka.

“Saya berterima kasih sekali kepadanya semua pihak yang ikut memajukan desa ini. Termasuk acara Pasar Ramadan ini,” jelasnya.

Sekdes Sikambang Siwas menyatakan, Pasara Ramadan tidak hanya memudahkan warga dalam mencari menu berbuka puasa. Pasar ini sangat positif karena mampu meningkatkan UMKM. Selain itu, kegiatan ini membuat warga semakin guyub rukun.

“Sebenarnya ide ini tercetus pada tahun lalu oleh mantan Kepala Desa Trio Handoko. Namun, karena terhalang adanya pandemi Covid-19 maka baru berani digelar sekarang,” ucapnya. (tom/amd/ila)

Jawa Tengah