RADAR JOGJA- Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) berkomitmen untuk benar-benar menjadi mitra pemerintah. Mereka mengambil bagian dalam upaya untuk mencerdaskan anak-anak bangsa.

Hal itu disampaikan Ketua PGRI Purworejo Irianto Gunawan dalam resepsi Hari PGRI ke-75 dan peringatan Hari Guru 2020 yang diadakan di aula Gedung PGRI, Sabtu (28/11). Kegiatan yang diikuti jajaran pengurus, namun bisa diikuti semua guru di Purworejo karena disiarkan secara live streaming.

“Komitmen kami adalah menjadi bagian dari pemerintah untuk pencerdasan anak bangsa. Anak-anak yang akan menjadi generasi penerus di masa depan,” ujar Irianto Gunawan.

Dirinya secara khusus meminta agar seluruh anggota PGRI memegang prinsip tersebut. Dia yakin semua guru akan melakukan tekat itu di semua lembaga pendidikan yang ada di Purworejo.

Dijelaskan dalam kondisi pandemi covid-19 memang menjadi tantangan terberat bagi para guru. Mereka dituntut mampu menggunakan informasi teknologi untuk mentransfer ilmu kepada para peserta didiknya.

“Ini tantangan bagi kita, juga menjadi pembelajaran bersama agar guru-guru itu bisa menyesuaikan perkembangan jaman dan selalu siap menerima perubahan,” jelas Irianto.

Irianto menambahkan, jika untuk resepsi kegiatan memang digelar secara terbatas. Ini dikarenakan masih adanya pandemi covid-19. “Walaupun ada kendala, tapi untuk beberapa kegiatan pendukung peringatan kita gelar,” tambahnya.

Ketua panitia pelaksanaan peringatan, Eko Partono mengatakan dalam memeriahkan peringatan HUT PGRI ke 75 dan HGN tahun ini, PGRI Purworejo menggelar berbagai macam kegiatan.

“Ada seminar pendidikan dan PTK, donor darah, lomba catur, lomba Karisma TIK, sosialisasi Kode Etik Guru dan Perlindungan Hukum, pelatihan penulisan artikel populer di media massa, nyanyi solo dan peragaan busana,” jelas Eko Partono. (udi/sky)

Jawa Tengah