RADAR JOGJA- Semakin dekatnya pelaksanaan pemungutan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Purworejo 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terus memastikan jika tetap aman dari Covid-19. Kelengkapan yang dibutuhkan untuk mengantisipasi persebaran virus itu telah dilakukan.

“Alat pelindung diri untuk petugas dari tingkat Kabupaten hingga TPS (tempat pemungutan suara) sudah kita siapkan dan distribusikan,” kata Kepala Sekretariat Bawaslu Purworejo, Soyo Didik Budi Prasetyo, kamis (26/11).

Soyo Didik menambahkan , APD sudah diterima pihaknya sejak akhir pekan lalu. Dan hingga kemarin, kelengkapan yang berupa masker, sarung tangan latek, face shield dan hand sanitizer itu telah diberikan kepada petugas tempat pemungutan suara (PTPS).

Khusus Purworejo, total paket APD yang disediakan mencapai 2.541. Angka itu terperinci untuk kabupaten sebanyak 18 paket, kecamatan ada 128 paket, Pengawas Kelurahan Desa (PKD) 494 dan PTPS sebanyak 1.901 paket.

Lebih jauh Soyo menjelaskan jika pihaknya juga akan memastikan jika petugas yang akan diturunkan ke lapangan juga benar-benar sehat dan tidak terpapar Covid-19. Langkah yang diambil adalah melakukan swab bagi mereka.

“Kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten untuk melakukan tes swab. Rencananya kegiatan ini akan dilakukan hari Sabtu (28/11),” katanya.

Disinggung mengenai lokasi swab, Soyo mengatakan akan dilakukan di tiap-tiap puskemas yang ada. Pelaksanaannya juga dilakukan penjadwalan sehingga tidak memunculkan kerumuman di Puskemas.

“Satu contoh di Kecamatan Purworejo, yang ada 201 PTPS, akan diberikan waktu selama 1,5 jam untuk swab bagi 35 orang. Yang lain nanti menyesuaikan,” katanya.

Dan saat di hari H pelaksanaan sendiri, PTPS juga tidak sekedar melakukan pengawasan akan pemungutan suara. Mereka juga akan mengawasi mengenai ketaatan mengikuti protokol kesehatan bagi para pemilih.

“PTPS memang tidak menegur langsung jika ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Namun hal ini akan dimasukkan dalam pelaporan yang mereka tuliskan,” jelas Soyo Didik. (udi/sky)

Jawa Tengah