RADAR JOGJA – Sebanyak empat orang dinyatakan positif Covid-19 pada Rabu (5/8). Penambahan ini menjadikan kasus di Kabupaten Purworejo masih harus tetap diwaspadai dan masyarakat harus patuh dengan protokol kesehatan.

Penambahan empat pasien terdiri dari dua laki-laki dan 2 perempuan. Kempatnya berasal dari Kecamatan Kutoarjo dan berangkat dari latar belakang yang berbeda. “Satu orang berstatus ASN, tenaga kesehatan dan pendidik. Seorang lagi adalah swasta,” kata juru bicara Protokol Covid-19 Purworejo, dr Tolkha Ammarudin, kemarin.

Menurutnya, dengan penambahan tersebut tercatat kasus positif di Kabupaten Purwroejo ada 199 orang. Namun sebagian besar telah sembuh. “Khusus hari ini (kemarin,red), sudah dinyatakan isolasi mandiri ada 66 orang,” imbuh Tolkha.

Lebih jauh Tolkha menyebut jika ada sebelas orang yang dirawat karena Covid-19, dan sebanyak 38 orang menjalani isolasi mandiri. Perkembangan terakhir dua pasien meninggal dunia serta 148 orang telah selesai menjalani isolasi atau sembuh.
Tolkha mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan, yaitu rajin cuci tangan dengan sabun, selalu pakai masker, jaga jarak fisik serta menghindari kerumunan.

Selain harapan kepada masyarakat umum, Tolkha juga meminta bagi pasien positif yang sudah selesai isolasi untuk tetap menjaga protokol kesehatan. “Ini penting untuk memberikan rasa nyaman bagi lingkungan sekitar,” tambah Tolkha. (udi/bah)

Jawa Tengah