MUNGKID – Sebagai upaya pencegahan bahaya penularan rabies dari hewan ke manusia, Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Pemkab Magelang menyelenggarakan vaksinasi gratis. Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 6 Oktober mendatang, di Kantor Dispeterikan Kompleks Pemkab Magelang, Sawitan, Mungkid.

Vaksin gratis ini dalam rangka Hari Rabies Sedunia (HRS) yang diperingati setiap 28 September. “Untuk kegiatan kali ini, kami fokus vaksinasi pada anjing dan kucing dulu,” kata Kepala Dispeterikan Pemkab Magelang Sri Hartini, kemarin.

Dijelaskan, kegiatan tersebut juga dalam rangka klinik hewan yang ada di Dispeterikan. Kabupaten Magelang sendiri termasuk daerah bebas rabies, hanya saja masyarakat perlu tahu arti pentingnya vaksinasi. Disediakan vaksis sebanyak 250 dosis dengan 15 personel.

“Sampai hari ini sudah 83 ekor anjing, kucing dan monyet yang divaksin,” tuturnya.

Dia juga mengimbau, masyarakat berhati-hati jangan sampai tergigit hewan yang sudah terkena rabies. Sebab, bisa menyebabkan kematian. Biasanya tanda-tandanya demam tinggi dilanjutkan kejang-kejang. Penularan bisa lewat gigitan, udara, terkena cairan liur dan lainnya.

“Manusia yang sudah terjangkit rabies juga bisa menular lewat air liur. Seperti antrak dan rabies bisa menular ke manusia, jadi termasuk lima penyakit strategis yang sangat berbahaya,” ungkapnya.

Harapannya, dengan adanya program vaksinasi rabies gratis ini, ada kesadaran masyarakat untuk menjaga ternaknya terhindar dari penyakit ini. (dem/din)

Jawa Tengah