TEGAL – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, Selasa (17/7) memberikan bantuan berupa droping air bersih bagi warga di Desa Kedungkelor, Kecamatan Warureja dan Desa Kertasari, Kecamatan Suradadi.

Di sela-sela kegiatan, Wakil Ketua I Agus Subagyo mengatakan, bantuan berupa droping air bersih diberikan kepada warga khususnya yang mengalami kekurangan air bersih. Hal ini, kata dia, dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab PMI kepada masyarakat yang membutuhkan.

Untuk Desa Kedungkelor, pihaknya mendroping air bersih di wilayah RT 2 dan 4 RW I serta RT 5 RW III. Jumlah Kepala Keluarga (KK) yang menjadi sasaran penerima air bersih sekitar 200 KK atau 600 jiwa.

Bantuan serupa juga didistribusikan di Desa Kertasari dengan target penerima droping air bersih sekitar 1.200 jiwa. Harapannya, bantuan air bersih tersebut bisa meringankan beban warga yang kekurangan air bersih untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

“Total ada 24 ribu liter yang akan kami distribusikan bagi warga yang mulai kekurangan air bersih,” katanya.

Masih menurut Agus, dengan adanya bantuan berupa droping air bersih, warga terutama di wilayah yang mulai terdampak kekeringan bisa mendapatkan pasokan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ke depan, PMI akan terus memantau wilayah mana saja yang dianggap kekurangan air bersih dan droping akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di sana. Sehingga pasokan air bersih khususnya di wilayah yang mulai keusulitan bisa segera ditangani dengan cepat.

“Kami sudah memiliki peta wilayah mana saja yang rawan kekurangan air bersih. Begitu dibutuhkan, droping akan langsung dilakukan,” tandasnya. (jpg/ila)

Jawa Tengah