MUNGKID – Memasuki masa tenang Pilgub Jawa Tengah dan Pilbup Magelang 2018, duo Zaenal Arifin kembali berduet. Sebelumnya, setelah resmi dinyatakan sebagai pasangan calon (paslon), baik Zaenal Arifin yang saat ini menjabat bupati maupun Zaenal Arifin yang menjabat wakil bupati (wabup) harus mengambil cuti. Mulai 24 Juni, keduanya aktif lagi sebagai pejabat pimpinan daerah.

Senin (25/6), keduanya terlihat pada acara Apel Pergeseran Pasukan PAM TPS Ops Mantap Praja Candi 2018 Polres Magelang di Lapangan drh Soepardi, Sawitan, Mungkid. Mereka menyempatkan diri bersama Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo mengecek pasukan. Juga ada Ketua KPU Magelang Afifuddin dan komisioner Panwaskab Magelang Ainy Chabib dan Fauzan serta jajaran Forkompinda.

Menurut Kapolres, sebanyak 6.610 pasukan gabungan diterjunkan dalam pengamanan Pemungutan Suara Pilkada 2018 di Kabupaten Magelang. Mereka terdiri atas TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Damkar, Limas, PPK, Panwascam dan lainya. Mereka akan diterjunkan di 2.629 TPS se Kabupaten Magelang. “Rincian dari pasukan itu yakni Polri 840 anggota, TNI 520 anggota dan Linmas 5250 anggota,” katanya.

Kapolres meminta seluruh anggota melaksanakan keamanan sesuai prosedur yang berlaku. Juga mewaspadai upaya pihak-pihak tertentu yang ingin menggagalkan pesta demokrasi melalui aksi terorisme. Ditegaskan bahwa isu tersebut bukan cerita atau dongeng belaka, namun tapi nyata.

“Informasi yang kami peroleh mereka akan melakukan kegiatan yang mereka sebut aksi amaliyah yang akan menyerang simbol-simbol pemilu seperti di TPS, kantor KPU, panwas dan polsek. Tetapi masyarakat tetap tenang dalam melaksanakan pesta demokrasi ini, karena kami dari pihak keamanan gabungan akan selalu waspada, kompak dan saling kerja sama,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Zaenal Arifin mengaku mengapresiasi seluruh pegawai dan pejabat Pemkab Magelang. Sehingga selama cuti, roda pemerintahan tetap berjalan normal.

“Tadi kami bersama Pak Wakil Bupati mengambil apel pergeseran pasukan terkait pilkada yang akan berlangsung 27 Juni 2018. Kami mengapresiasi kepada seluruh pejabat Pemkab Magelang, terutama kepada Pak Pjs Bupati Tavip Supriyanto yang selama kami tinggal berdua pada masa cuti kampanye, untuk tetap menjalankan roda pemerintahan dengan cukup baik sekali tentunya,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Zaenal, kami juga sangat mengapresiasi atas beberapa penghargaan yang telah diperoleh oleh Kabupaten Magelang, semasa dipimpin Pjs Bupati Magelang, salah satunya Wajar Tanpa Pengecualian predikat dari BPK.

Terpisah, Wakil Bupati Magelang M Zaenal Arifin, mengungkapkan kegembiraannya dapat bertemu dan bekerja kembali bersama rekan-rekan di Pemkab Magelang. “Tentunya surprise sekali, yang selama ini kami tidak bertemu dengan rekan-rekan seprofesi di lingkungan Pemkab Magelang, hari ini dapat berkumpul kembali,” ujarnya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Magelang untuk tetap menjaga persatuan dan perdamaian meski terdapat perbedaan pandangan secara politik untuk wilayah Kabupaten Magelang. (dem/mg1)

Jawa Tengah