Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

UMK 2026 Naik tapi Usaha Mikro dan Kecil Dapat Pengecualian, Disdagnaker Bilang Begini

Y
Penulis: Yusuf Bastiar❯

 

Kantor Disdagnaker Gunungkidul.
Kantor Disdagnaker Gunungkidul.

GUNUNGKIDUL - Upah minimum kabupaten (UMK) Gunungkidul 2026 ditetapkan sebesar Rp 2.468.378 dengan pengecualian bagi usaha mikro dan kecil.


Advertisement

Penetapan upah dilakukan berdasarkan kesepakatan pengusaha dan pekerja dengan tetap mengacu pada batas minimal ketentuan perundang-undangan.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja (Disdagnaker) Gunungkidul Emy Nur Ain mengatakan, kesepakatan itu tetap harus memenuhi ketentuan minimal, yakni paling sedikit sebesar 50 persen dari rata-rata konsumsi masyarakat di tingkat provinsi. 

Advertisement

Kemudian, paling sedikit 25 persen di atas garis kemiskinan tingkat provinsi.

Ia menegaskan, pengecualian ini diberikan sebagai bentuk keberpihakan pemerintah terhadap keberlanjutan usaha mikro dan kecil yang menjadi tulang punggung perekonomian daerah.

Namun demikian, pelanggaran terhadap ketentuan pengupahan tetap memiliki konsekuensi hukum.

“Dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 sudah diatur sanksi pidana bagi pelanggaran pengupahan, berupa pidana penjara satu hingga empat tahun atau denda Rp 100 juta sampai Rp 400 juta,” tegasnya kepada wartawan Minggu (25/1/2026).

Dia mengimbau seluruh perusahaan dan pelaku usaha agar mematuhi ketentuan UMK yang telah ditetapkan.

Kepatuhan terhadap kebijakan pengupahan dinilai menjadi kunci terciptanya hubungan industrial yang harmonis dan berkeadilan.

“Kami berharap kebijakan UMK ini bisa mendorong peningkatan kesejahteraan pekerja tanpa mengabaikan kemampuan pelaku usaha,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja Gunungkidul Kelik Yuniantoro menyampaikan, penetapan UMK Gunungkidul 2026 berpedoman pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2025 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Kebijakan tersebut disusun dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian daerah serta keberlanjutan usaha.

“UMK ini berlaku bagi pekerja atau buruh dengan masa kerja kurang dari satu tahun di perusahaan setempat. Sedangkan pekerja dengan masa kerja lebih dari satu tahun, pengupahan berpedoman pada struktur dan skala upah yang disusun oleh perusahaan,” jelasnya.

Kelik menambahkan, secara umum upah minimum merupakan upah bulanan terendah yang terdiri atas upah tanpa tunjangan atau upah pokok dan tunjangan tetap.

“Apabila struktur upah terdiri dari upah pokok dan tunjangan tidak tetap, maka upah pokok paling sedikit harus sebesar upah minimum,” tambahnya. (bas/wia)

Advertisement
Sudahkah Anda mengikuti channel whatsapp kami?
WhatsApp
Radar JogjaIkuti

Jadilah pembaca setia, gabung sekarang juga di channel kami!


Artikel Terkait

Datang Jam 7 Pagi Dagangan Sudah Habis, Program Gerebek Pasar ASN Gunungkidul Dievaluasi

Datang Jam 7 Pagi Dagangan Sudah Habis, Program Gerebek Pasar ASN Gunungkidul Dievaluasi

Program Gerebek Pasar bagi aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Gunungkidul menuai catatan penting. Pasalnya, saat Bupati Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mendatangi Pasar Tengeran, Karangmojo, sebagian...

ASN Gunungkidul Wajib Belanja Rp 100 Ribu Per Bulan di Aplikasi Gema Srikandi

ASN Gunungkidul Wajib Belanja Rp 100 Ribu Per Bulan di Aplikasi Gema Srikandi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) berbelanja minimal Rp 100 ribu setiap bulan melalui aplikasi Gema Srikandi. Kebijakan ini membuka peluang pemasaran bagi usaha mikro, ...

Harga Cabai Rawit Merah di Gunungkidul Rp 50 Ribu per Kg, Penjualan Turun, Pedagang Nangis

Harga Cabai Rawit Merah di Gunungkidul Rp 50 Ribu per Kg, Penjualan Turun, Pedagang Nangis

Harga Cabai Rawit Merah di Gunungkidul Rp 50 Ribu per Kg, Penjualan Turun, Pedagang Nangis

Advertisement

Berita Terkini

Advertisement
Advertisement

Populer