RADAR JOGJA – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) se-Kabupaten Gunungkidul melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap 497.163 Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemula (DP4) yang diturunkan. Sesuai jadwal yang ditetapkan, daftar pemilih ini akan dilakukan mulai 12 Februari hingga 14 Maret 2023.

Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, coklit adalah salah satu rangkaian kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP/Pantralih). ā€œPetugas secara door to door menemui pemilih secara langsung,ā€™ā€™ kata Ahmadi Ruslan kemarin (13/2).

Dia menjelaskan, coklit diawali dengan tokoh masyarakat seperti Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih. Dengan harapan dapat memberikan contoh kepada masyarakat serta pemenuhan publikasi.”Sebanyak 2.816 pantralih juga baru saja dilantik,” ujarnya.

Dikatakan, mulai dua hari lalu petugas pantralih mulai bertugas medatangi dari rumah kerumah untuk melakukan coklit. Sedangkan untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) memverifikasi faktual calon DPD dengan lebih dari 2.100 data.”Data calon pemilih yang harus diverifikasi dan validasi ada sekitar 621.410 jiwa,” ungkapnya.

Hani juga sudah mengingatkan untuk memperkuat sinergi dan soliditas di penyelenggara secara berjenjang. Ini supaya tidak ada lagi yang berbeda-beda penanganannya dalam proses pelaksanaan coklat daftar pemilih
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengapresiasi kinerja KPU karena melaksanakan setiap tahapan dengan baik.”Saya baru saja melakukan coklit, tahapan dalam pemilu untuk pencocokan data,” kata bupati.

Orang nomor satu di Gunungkidul tersebut juga berpesan kepada seluruh masyarakat Gunungkidul untuk turut serta mensukseskan pemilu tahun 2024.
Dalam tahapan coklit, pantralih mendatangi rumah-rumah masyarakat dan masyarakat diharapkan untuk memberikan data yang sejujurnya agar penyelenggaraan pemilu berjalan baik dan sukses.

Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengaku telah didatangi petugas pantarlih. Pihaknya mengimbau kepada semua masyarakat untuk turut serta dalam menyukseskan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024. “Salah satunya dengan pencocokan data pemilih dari petugas pantarlih,” kata Endah. (gun/din)

Gunungkidul