RADAR JOGJA – Puluhan orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Gunungkidul dalam setengah tahun terakhir. Kebanyakan pemicu terjadinya kecelakaan di jalan karena unsur kelalaian atau human error.

Berdasarkan data Satlantas Polres Gunungkidul, Januari sampai dengan Juni tahun ini tercatat ada 414 kejadian. Dari data itu, sebanyak 29 orang meninggal dunia, luka ringan 538 orang dan luka berat satu orang. Sementara total nilai kerugian materi mencapai Rp 267, 3 juta. Sebagian besar kasusnya telah selesai ditangani pihak kepolisian.

Kanit Penegakan Hukum (Gakkum), Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Darmadi mengatakan, human error atau kelalaian manusia mendominasi pemicu terjadinya laka lantas. Lebih karena kurang hati-hati mengingat kondisi geografis Bumi Handayani banyak dijumpai jalur tengkorak atau lokasinya rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Sejumlah ruas jalan di Gunungkidul terbilang cukup ekstrem untuk dilintasi, seperti jalan Jogja-Wonosari wilayah Kapanewon Patuk,” kata Darmadi saat dihubungi Selasa (14/6).

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah mengatakan Operasi Patuh Progo jadi salah satu upaya untuk menekan kasus laka lantas. Dengan adanya razia di jalan raya maka potensi terjadinya pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan di jalan raya dapat diantisipasi. “Upaya ini kami lakukan dengan mengedepankan prinsip edukatif, persuasif, dan humanis ke masyarakat,” kata Aditya.

Polres Gunungkidul mulai melaksanakan Operasi Patuh Progo 2022 sejak Senin (13/06). Operasi berlangsung selama 14 hari hingga tanggal 26 Juni 2022.
Untuk perbandingan, kasus laka lantas dari tahun ke tahun masih tinggi. Tahun 2021 mencapai 612 kejadian. Angka tersebut turun satu angka dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari rangkaian kejadian itu, ratusan orang mengalami luka ringan dan sebagian luka berat. Kecelakaan tersebut dipengaruhi beberapa faktor. Di antaranya faktor manusia, kondisi jalan, faktor alam, faktor kendaraan sendiri, dan overload. Jumlah korban jiwa mencapai 71 orang. (gun/bah)

Gunungkidul