RADAR JOGJA – Ratusan tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemkab Gunungkidul menjalani ospek ketugasan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan tugas pokok dan fungsi unit kerja agar dapat bekerja dengan maksimal.

Asisten III Bidang Administrasi Umum, Setda Kabupaten Gunungkidul Sigit Purwanto mengatakan, ospek ketugasan diikuti sebanyak 144 THL. Rencananya berlangsung selama tiga sejak kemarin (28/3) hingga besok (30/3). Berlokasi di Gedung Taman Budaya Gunungkidul di Kalurahan Logandeng, Playan dan gedung Gelanggang Olahraga (GOR) Handayani di Dusun Jeruksari, Kepek, Wonosari.

Dijelaskan, selama orienteasi, peserta diberikan bekal sebagai pegawai untuk membantu tugas di masing-masing organisasi perangkat daerah. Tujuan ospek sekaligus memberikan pemahaman tentang sistem dan budaya kepegawaian. Selain itu juga membentuk kedisiplinan, etos kerja yang tinggi agar capaian pekerjaan harian terlaksana dengan baik.

“THL harus diberikan pemahaman tentang kepribadian, sistem kerja, manajemen serta pengendalian,” ujar Sigit kemarin. Materi orientasi meliputi pengetauan tentang manajemen kepegawaian dan kegiatan fisik melalui baris berbaris dan kesamaptaan.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Gunungkidul Reni Linawati menjelaskan, kegiatan orientasi diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan THL.
Terbentuknya pengetahuan, mental dan disiplin para pegawai menjadi elemen penting dalam dapat mewujudkan kinerja maksimal. “Salah satunya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Reni. (gun/bah)

Gunungkidul