RADAR JOGJA – Postur APBD Kabupaten Gunungkidul 2022 mengalami defisit Rp 88,744 miliar. Lantaran, alokasi belanja daerah mencapai Rp 2,020 triliun lebih besar dibanding alokasi pendapatan Rp 1,032 triliun.

Hal itu terungkap dalam laporan gabungan Komisi DPRD Gunungkidul terhadap Rancangan Perda tentang APBD Tahun anggaran 2022. Semua fraksi dapat menerima, dan menyetujui atas penetapan Raperda tentang APBD Tahun 2022.

Semua saran, catatan fraksi-fraksi merupakan lampiran tak terpisahkan dalam persetujuan DPRD yang disampaikan kepada bupati untuk ditindaklanjuti. Dalam postur APBD tahun depan diketahui mengalami devisit hingga Rp 88,744 miliar.
“Defisit anggaran sekitar Rp 88 miliar ini akan ditutup dengan pembiayaan daerah,” kata Ketua Komis A DPRD Gunungkidul Ery Agustin, Senin (29/11).

Dia menjelaskan, tambal sulam defisit anggaran tersebut disuntik dari penerimaan pembiayaan sebesar Rp 108,744 miliar. Pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 20 miliar dan pembiayaan netto Rp 88,744 miliar.

Juru bicara Fraksi Golkar ini menyatakan setuju Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 ditetapkan menjadi Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022. Demikian juga enam fraksi lainnya yakni, PDIP, PAN, Gerindra, Fraksi PKB, dan Fraksi PKS juga menyatakan setuju.
“Intinya secara kebijakan fiskal itu masih aman, melihat Gunungkidul di kondisi keuangan daerah sedang,” bebernya.

Seperti diketahui, Tahun anggaran 2022 merupakan tahun awal dalam kerangka RPJMD Tahun 2O21-2O26 sebagai penjabaran visi, misi, dan program pembangunan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengaku optimis terhadap kondisi perekonomian yang diperkirakan pada 2022 terus mengalami perbaikan. Kondisi penanganan pandemi dan vaksinasi massal diperkirakan dapat mengendalikan laju penambahan kasus positif Covid-19 dan mempercepat terwujudnya herd immunity. “Yang jelas fokus pembangunan di 2022 tidak keluar dari visi misi,” kata Sunaryanta. (gun/pra)

Gunungkidul