RADAR JOGJA – Tahun ini Kabupaten Gunungkidul kembali meraih Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Opini WTP Terkait Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)tersebut adalah bukti nyata pengelolaan keuangan daerah berkualitas.

Opini WTP ini diterima yang keenam kalinya secara berturut -turut dari Kementerian Keuangan RI. Piagam yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati diberikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul, diterima Bupati Sunaryanta di Ruang Rapat Nayottama, Sekretariat Pemkab Gunungkidul, Kamis (15/10). Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi DIJ Arif Wibawa.

WTP sebagai bentuk penghargaan penyelenggaraan prinsip akuntansi keuangan dengan baik atas kewajaran informasi keuangan yang telah memenuhi empat kriteria meliputi kesesuaian dengan standar akutansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Pemerintah telah melakukan sesuai dengan kaidah kaidah pengelolaan keuangan dengan baik. Hal ini berdampak pada kepercayaan dari para investor.”Semoga dengan diraihnya WTP akan semakin lebih baik lagi,” kata Arif Wibawa.

Sementara Bupati Gunungkidul Sunaryanta usai menerima sertifikat WTP mengucapkan terimakasih hal ini merupakan bentuk penghargaan atas prestasi dan kinerja seluruh pegawai. “Bentuk nyata kinerja ASN akan kapabilitas dan keseriusan” kata Bupati Sunaryanta.

Menurutnya, pengelolaan keuangan merupakan bagian dari tantangan ,namun dengan di perolehnya WTP merupakan bentuk prestasi dari kapabilitas seluruh pegawai.Hadir dalam penyerahan sertifikat WTP Bupati H.Sunaryanta, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi DIY Arif Wibawa. sekretaris Daerah Ir Drajad Ruswandono,MT, Asisten I Siti Isnaini Dekoningrum, SH, Kepala Bappeda Sri Suhartanta, S.IP,M.Si Kepala BKAD Saptoyo S.Sos, M.Si,Di hadiri Kabid KPK DIJ. (*/gun)

Gunungkidul