RADAR JOGJA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpakraf) RI Sandiaga Uno berkunjung ke Gunungkidul. Momentum tersebut dimanfaatkan Bupati Sunaryanta untuk meminta kejelasan pembukaan obyek wisata.

“Bang Sandi, atas nama pemerintah Kabupaten Gunungkidul, dan masyarakat semoga destinasi wisata yang ada di Gunungkidul ini dengan diberlakukannya PPKM level 3. Sebetulnya di Gunungkidul level 2 nanti bisa dibuka kembali,” kata Sunaryanta dihadapan Mas Menteri Sandiaga Uno ketika berada di kawasan Desa Wisata Nglanggeran, Patuk kemarin (11/10).

Pihaknya juga berharap Kemenkraf untuk memberikan rekomendasi uji coba kunjungan kawasan wisata karena sudah lebih dari tiga bulan ditutup total. Pemerintah daerah sudah mengajukan kawasan pantai, Gua, hingga kawasan wisata alam lainnya untuk uji coba operasional terbatas.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, pengajuan Uji Coba Terbatas sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri). Khususnya bagi wilayah yang menerapkan PPKM Level 3 seperti Gunungkidul, yang mengikuti aglomerasi DIJ.“Bagi wilayah PPKM Level 3 perlu melakukan pengajuan ke pusat jika ingin membuka kembali wisata dengan Uji Coba Terbatas. Sedangkan jika di Level 2, pembukaan bergantung pada pemerintah daerah setempat,” ujarnya.

Tentunya, kata dia, pembukaan Uji Coba Terbatas harus disiplin protokol kesehatan (prokes) serta memenuhi persyaratan. Khusus Gunung Api Purba Nglanggeran, Sandi meminta Dinas Pariwisata (Dispar) DIJ segera mengajukan untuk dilakukan pembukaan Uji Coba Terbatas.“Apalagi tadi dari warga serta wisatawan juga berharap sekali Nglanggeran ini kembali dibuka,” ucapnya.
Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul Harry Sukmono mengaku telah mengajukan sembilan kawasan wisata untuk Uji Coba Terbatas. Meliputi Kawasan Pantai Baron sampai Seruni (ada enam pantai),

Gua Pindul, Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Kawasan Pantai Wediombo (tiga Kawasan Pantai), Kalisuci Cavetubing, Bejiharjo Edupark, Gunung Gentong, Gunung Ireng, dan Telaga Jonge.“Untuk pengajuan sudah dikirimkan pada 8 Oktober 2021. Masih menunggu jawaban,” kata Harry.Jika sudah diperkenankan Uji Coba Terbatas, pengunjung harus menginstal aplikasi PeduliLindungi. Hal ini untuk mengetahui pengunjung sudah divaksin, atau terkonfirmasi positif. (gun/pra)

Gunungkidul