RADAR JOGJA – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Gunungkidul membagikan ratusan pas kecil untuk ratusan nelayan. Pas kecil merupakan dokumen penting sebagai legalitas untuk berlayar.

“Pas kecil merupakan legalitas bagi nelayan dalam menjalankan kegiatan aktivitas penangkapan ikan,” kata Kepala DKP Kabupaten Gunungkidul Krisna Berlian saat dihubungi Rabu (29/9).

Dia menjelaskan, pas kecil dapat digunakan sebagai dokumen kepemilikan kapal, surat tanda kebangsaan kapal, dokumen kelengkapan berlayar, keamanan melakukan pelayaran, jaminan kredit usaha, serta memudahkan pendataan jika terjadi bahaya di laut atau saat berlayar “Sebanyak 147 dokumen bukti legalitas kapal nelayan diserahkan kepada nelayan dua hari lalu di kawasan pesisir,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta meminta nelayan agar menjaga dan menyimpan baik-baik dokumen tersebut, karena sangat penting. Selain itu dia juga berpesan kepada nelayan turut serta dalam menjaga keamanan wilayah.
“Kabupaten Gunungkidul dengan bentang pantai 72 km berpotensi masuknya gangguan keamanan,” kata Sunaryanta,

Mulai dari imigran, peredaran narkoba dan lainya. Oleh sebab itu, selain melakukan kegiatan pelayaran, nelayan juga di harapakan aktif berperan menjaga keamanan dengan kecepatan laporan kepada yang berwenang.

Berdasarkan UU No 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, pemeriksaan keselamatan kapal dilaksanakan secara terus menerus sesuai dengan validasi sertifikat kapal tersebut dalam pemenuhan aspek kelaiklautan kapalnya. Setiap kapal yang berlayar di laut wajib didaftarkan dan memiliki surat tanda kebangsaan kapal termasuk bagi kapal di bawah GT 7, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. (gun/bah)

Gunungkidul