RADAR JOGJA – Stok blangko kartu tanda penduduk eletronik (e-KTP) di Kabupaten Gunungkidul dipastikan aman. Untuk memenuhi kebutuhan pencetakan data yang sudah siap cetak atau print ready record (PRR). Pemkab Gunungkidul mendapat tambahan 2 ribu blangko e-KTP dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul Markus Tri Munarja mengatakan, stok blangko melimpah sehingga tidak ada lagi pemohon menggunakan surat keterangan (suket). “Sekarang ada stok blangko sebanyak 2.854 keping,” kata Markus Tri Munarja saat dihubungi Rabu (22/9).

Dia menjelaskan, jumlah kepingan e-KTP masih bisa bertambah karena adanya bantuan blangko dari Pemprov DIJ sebanyak 2.000 keping. Stok yang ada masih sangat mencukupi karena rata-rata permohonan setiap harinya hanya mencapai 40 orang.“Stok tidak ada masalah. distribusi dari Pemprov DIJ juga lancar sehingga sampai terjadi kelangkaan seperti dulu,” ujarnya.

Selama pandemi, kata dia, disdukcapil juga mengembangkan layanan secara online. Ini sebagai upaya mengurangi kerumunan serta memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Gunungkidul Arisandi Purba mengatakan, setelah proses pencetakan tidak ada masalah, tugas berikutnya memaksimalkan proses perekaman eKTP. Berdasarkan data per Agustus, di Gunungkidul ada 610.607 penduduk yang wajib melakukan perekaman.”Dari jumlah itu yang melakukan perekaman sebanyak 602.556 jiwa. Capainnya sekitar 98,68 persen atau ada sekitar 8.051 warga yang belum merekam biometric untuk penerbitan e-KTP,” kata Arisandi Purba

Diakui, pandemi korona ikut memberikan pengaruh terhadap jumlah warga yang belum melakukan perekaman. Siswa memasuki usia 17 tahun misalnya, belum merekam karena pembelajaran dilakukan secara daring. Karena itu pihaknya terus melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah untuk percepatan perekaman bagi siswa.”Diharapkan dengan program ini bisa meningkatkan jumlah warga wajib eKTP di Gunungkidul,” ujarnya. (gun/pra)

Gunungkidul