RADAR JOGJA – Seorang buruh harian lepas nekat menyebarkan video dan foto vulgar mantan kekasihnya ke media sosial. Hal itu dilakukan, lantaran pelaku kesal korban mengakhiri hubungan asmara keduanya.

Diketahui, korban berinisial KS,14, merupakan anak dari anggota kepolisian. Sedangkan pelakun, CN,23, merupakan warga Kapanewon Patuk.
Kasat Reskrim Polres Gunungkidul, AKP Riyan Permana menjelaskan, setelah korban melapor, Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Gunungkidul segera melakukan penangkapan terhadap pelaku. Pelaku, melakukan pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Riyan menjelaskan, penyebaran foto dan video terjadi pada Rabu (9/6). Polisi, segera melakukan penangkapan terhadap pelaku selang satu hari setelah korban membuat laporan ke polisi. ”Korban melapor bahwa foto dan videonya yang bersifat vulgar ke publik,” terang Riyan dalam keterangan persnya Kamis (17/6).

Berdasarkan hasil pendalaman kasus, antara korban dan pelaku sebelumnya menjalin kasih. Teror penyebaran video dan foto vurgal didasari rasa cemburu karena korban menyudahi hubungan dan sudah memiliki pasangan baru. “Tidak terima karena sakit hati lantas pelaku menyebar foto dan video itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kanit Pidsus, Satreskrim Polres Gunungkidul, Ipda Ibnu Ali mengaku tidak bisa menjelaskan secara detail lantaran korban merupakan anak di bawah umur. Namun, dia memastikan bahwa tidak ada materi berisi hubungan intim antara korban dan pelaku. “Sesuai info yang beredar, benar korban merupakan anak dari salah satu anggota Polri,” kata Ibnu.

Sebagai barang bukti, aparat mengamankan ponsel, serta sejumlah barang bukti lain seperti pakaian yang dikenakan korban dan kendaraan sepeda motor milik pelaku. Akibat perbuatannya pelaku dijerat pasal 45 ayat (1) UU RI Nomor 19/2016 tentang perubahan atas UU RI 11/2008 tentang ITE. Pelaku dinilai menyebarkan foto dan video bermuatan kesusilaan tanpa izin dari korban.
“Ancamanannya pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda Rp 1 miliar,” katanya. (gun)

Gunungkidul