RADAR JOGJA – Tim search and rescue (SAR) Gunungkidul beraudiensi dengan wakil rakyat. Regu penyelamat ini berharap agar peralatan yang digunakan untuk tugas kemanusiaan dilengkapi.

Koordinator SAR Linmas Wilayah I, Sunu Handoko Bayu Sagara mengatakan, bersama dengan rombongan datang ke kantor dewan pada Kamis (10/6). Di sana ditemui oleh Komis A DPRD Gunungkidul.

“Kami Tim SAR merasa tersanjung karena dewan berkenan mengundang kami. Dan dewan pun akan selalu mendukung dan mengupayakan segala sarana prasarana,” kata Sunu dihubungi Jumat (11/6).

Hanya, diakui bersama dengan teman-teman harus bersabar karena kebutuhan yang diusulkan masih diusahakan. Karena terbentur dengan anggaran. Maka pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pertimbangannya skala prioritas. “Yang benar-benar urgen. Selain itu, ketua komisi A akan mengupayakan jaminan kesehatan, BPJS,” ujarnya.

Dia menyebut kebutuhan Tim SAR meliputi perbaikan pos pengamanan, pengadan mobil ambulan, Wifi karena berada di lokasi blank spot, jetsky, drone dan kurang idealnya personel. Wilayah jangkau pantai tidak sebanding dengan jumlah petugas di lapangan.

Sementara, Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul Ery Agustin mengaku siap menjembatani aspirasi Tim SAR. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan eksekutif. Karena kinjera regu penyelamat harus didukung sarana dan prasarana memadai. “Jangan hanya mau PAD dari sektor wisata, tapi juga wajib menindaklanjuti apa yang jadi kebutuhan Tim SAR,” kata Ery. (gun/bah)

Gunungkidul