RADAR JOGJA – Jadwal cuti Lebaran 2021 telah ditetapkan oleh pemerintah. Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri ditetapkan mulai hari ini (12/5) dan libur Lebaran jatuh pada 13-14 Mei 2021.

Dengan adanya cuti bersama sejumlah kantor pelayanan publik di Kabupaten Gunungkidul juga libur sementara. Pelayanan kemasyarakatan kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil (disdukcapil) tidak membuka layanan pada 12 sampai 16 Mei.

Kemudian layanan pembuatan dan perpanjang Surat izin mengemudi (SIM) turut menyesuaikan jadwal libur atau jadwal cuti bersama. Mulai 12 Mei sampai dengan 16 Mei 2021 layanan diliburkan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Gunungkidul, Markus Tri Munarja mengatakan, libur sementara pada layanan kemasyarakatan menyesuaikan perkembangan kebijakan nasional. Salah satunya kebijakan libur pendek Idul Fitri dan adanya aturan larangan mudik.

“Kita libur sesuai penetapan libur nasional. Tanggal 17 Mei baru kami mulai melakukan pelayanan kembali baik di kantor maupun Mall Pelayanan Publik,” kata Markus Tri Munarja.

Sementara itu, Baur Surat Izin Mengemudi (SIM) Satlantas Polres Gunungkidul, Aipda Aris Priyo mengungkapkan layanan pembuatan dan perpanjang SIM sementara tutup sesuai dengan jadwal libur atau jadwal cuti bersama.

“Untuk yang perpanjang sesuai dengan jadwal yang ditentukan tidak dikenakan pembuatan SIM baru. Akan tetapi jika melewati tenggang waktu tentu diberlakukan prosedur penerbitan SIM baru,” kata Aris Priyo.

Mengenai layanan SIM keliling atau SIM masuk desa (kalurahan), sementara juga tutup sementara disesuaikan dengan jadwal baru. Kebijakan ini juga berlaku untuk layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor Samsat Gunungkidul. (gun/bah)

Gunungkidul