RADAR JOGJA – Pendaftaran suntik vaksin Covid-19 tahap II dengan sasaran pemberi pelayanan publik terus dilakukan. Ratusan pedagang pasar mendapatkan giliran vaksinasi hari ini (12/3).

Kepala Bidang Pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gunungkidul, Ari Setiawan mengatakan, lokasi vaksinasi pedagang pasar berlangsung di Bangsal Sewokoprojo. Sararannya pedagang pasar Argosari Wonosari. ”Dari total 800 pedagang, yang divaksin 600 orang,” kata Ari Setiawan Kamis (11/3).

Dikatakan, pemberian vaksin pedagang pasar kali ini menjadi yang pertama di sektor perdagangan pasar tradisional. Rencananya, vaksinasi terus dilakukan hingga seluruh pedagang dapat tervaksin korona. “Hasil pendataan, total ada 10.860 pedagang masuk daftar penerima vaksin,” ujarnya.

Data tersebut kemungkinan terus bertambah karena belum termasuk sejumlah orang yang selama ini membantu aktivitas berjualan pedagang. Sementara ini sasarannya baru pemilik usaha di pasar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, data sementara sasaran vaksin sektor pelayanan publik 65.643 orang. Mulai dari pedagang pasar, pegawai di lingkup pemerintahan, pelaku usaha hingga tenaga pendidik. “Sasaran vaksin sektor pelayanan publik baru sekitar 9,28 persen,” kata Dewi Irawaty.

Dia berharap jadwal pengiriman stok vaksin berjalan sesuai rencana sehingga pelaksanaan berjalan dengan lancar. Untuk diketahui pasokan vaksin tergantung pada kiriman Dinas Kesehatan DIJ. Baru baru ini ada tambahan 2.000 dosis dan rencananya menyasar para pedagang di pasar Argosari. (gun/bah)

Gunungkidul