RADAR JOGJA – Wakil rakyat Gunungkidul mendorong segera diselenggarakannya sekolah tatap muda. Mereka menilai, metode belajar online dinilai tidak efektif, dan waktunya pun sudah terlalu lama.

Ketua Komisi D DPRD Gunungkidul, Supriyadi mengatakan, banyak keluhan dari wali murid tentang sekolah daring. Belajar daring banyak kendala, mulai dari perkembangan siswa hingga orang tua yang direpotkan karena harus melakukan pendampingan secara intens saat mengerjakan tugas sekolah. ”Kami mendukung penuh wacana pembukaan sekolah mulai Juli 2021,” kata Supriyadi dalam keterangan pers Selasa (2/3).

Dikatakan, niat belajar daring untuk menghindarkan siswa dari penyebaran korona, tapi justru menimbulkan masalah baru. Salah santunya terhadap perkembangan siswa karena ada yang kenaikan jenjang pendidikan dengan proses tidak semestinya.

Politikus PAN ini mengungkapkan, hasil koordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul, telah siap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka ditengah pandemi. Sarana prasarana pendukung protokol kesehatan di sekolah memadai. Selain itu, di dalam penyelenggaraan ada komitmen untuk dilakukan secara bergantian sehingga potensi kerumunan bisa dihindarkan.

”Namun sekarang penyelenggaraan tatap muka belum dilakukan karena terbentur aturan pelaksanaan pembatasan secara terbatas kegiatan masyarakat (PTKM) skala mikro,” ujarnya.

Disatu sisi, ada kelonggaran di sektor pariwisata. Pihaknya khawatir muncul sentimen negatif dari masyarakat terhadap aturan yang dinilai tebang pilih dalam menegakkan peraturan. ”Pariwisata bisa buka, tapi sekolah tidak bisa,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Didsdikpora Gunungkidul, Sudya Marsita mengatakan, hampir seluruh sekolah siap melakukan pembelajaran tatap muka. Fasilitas sarana prasarana pendukung pelaksanaan protokol kesehatan siap. “Bahkan awal tahun sudah mewacanakan mulai pembelajaran tatap muka,” kata Sudya Marsita.

Namun dengan adanya kebijakan PTKM dari pemerintah, hingga 8 Maret 2021 pelaksanaan kembali ke belajar daring. (gun/bah)

Gunungkidul