RADAR JOGJA – Bumi Handayani adalah surga bagi offroader atau sebutan untuk olahraga penggemar offroad. Geografis di Gunungkidul sangat cocok untuk menyalurkan aktivitas menantang adrenalin.

Bagi pemburu petualangan, offroad memang identik dengan olahraga menantang sekaligus menyenangkan. Menerabas sungai berlumpur, batu terjal dengan tanah berundak-undak, hingga kaki bukit, kerap menjadi impian mereka dalam menyalurkan hobi.

Seperti diakui oleh anggota Komunitas Offrad Gunungkidul, Lucas Didit. Dia mengaku mengenal olahraga offroad dari ketertarikannya dengan mobil jip, kala melihat iring-iringan kendaraan pada tayangan televisi sewaktu masih kecil.
“Terlebih, dari kecil saya juga senang mengotak-atik mesin kendaraan milik ayah,” kata Lucas Didit saat ditemui (27/1).

Berawal dari hobi itu, ketika tumbuh dewasa sering ikut kawan berpetualang menggunakan kendaraan jip. Perkenalan dengan orang-orang baru memang menambah pengalaman sekaligus keinginan. “Tertarik dengan otomotif dan ingin memperluas pengalaman hidup menantang,” ujarnya.

Saat usia kepala tiga, ketertarikan ini terus berlanjut. Setelah cukup lama tergiur dengan mobil-mobil jip, Lucas baru bisa memiliki kendaraan favoritnya itu usai mengumpulkan uang dari tempatnya bekerja. “Jenis kendaraan saya Land Cruiser BJ40, berpenggerak 4×4,” ungkapnya.

Sejak itu, dia mulai menekuni minatnya. Beberapa tahun berlalu sejak berkenalan dengan jip, Lucas tertarik dengan olahraga offroad yang bisa dilakukan bersama kendaraan andalannya.

“Menekuni hobi olahraga offroad memang membutuhkan biaya, sama halnya dengan olahraga lain seperti voli ya, butuh sepatu dan yang lain,” ucapnya.
Menekuni hoby offroad, menurutnya bisa mengerek jiwa sosial. Tidak jarang bersama dengan teman-temannya memberikan bantuan sosial (bansos) kepada warga yang membutuhkan dari hasil saweran.

Sementara itu, anggota lainnya, Adhitya Putratama mengatakan, wilayah Gunungkidul menjadi surganya offroad. Bisa menikmati keindahan alam perbukitan karst, dan menambah jalinan persodaraan.“Prinsip saya, semakin banyak teman itu baik. Jadi cerinta offroad tidak sekedar hobi,” kata Adhitya. (gun/pra)

Gunungkidul