RADAR JOGJA – Upaya pemulihan pasca-bencana banjir di Kalurahan Songbanyu, Kapanewon Girisubo terus dilakukan Pemkab Gunungkidul. Untuk memperlancar aktivitas masyarakat, dibuat jalur sementara.

Kepala Seksi Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR) Kabupaten Gunungkidul, Wadiyana mengaku telah meninjau lokasi jembatan ambrol. Setelah dilakukan pembahasan dengan bupati dan jajaran, disepakati pembuatan jalur baru sementara. “DPUPR hari ini (3/1) mulai melakukan pengerjaan pembuatan jalur baru sementara,” kata Wadiyana saat dihubungi Selasa (2/2).

Dia menjelaskan, lokasi pembuatan jalur sementara berada tepat disamping jembatan yang putus. Pemembangun crossway atau jembatan penyeberangan dengan lebar 5 meter menggunakan dana swakelola APBD kabupaten. “Pembangunan crossway ini sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan Pemkab Gunungkidul,” ujarnya.

Dia menargetkan pembangunan jalur sementara dapat selesai sepekan ke depan, disela menunggu proses pembangunan jembatan baru yang sebelumnya amblas tergerus banjir. Menurutnya, dari hasil survey, kerusakan jembatan tidak dapat diperbaiki dan harus diganti. “Mengenai usulan besaran anggaran masih dihitung,” ucapnya.

Sementara itu, seksi pengendalian dan operasi bidang lalulintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan, keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan menjadi prioritas. “Kemarin bersama dengan instansi terkait memasang rambu imbauan dan larangan kendaraan melintas,” kata Bayu.

Diharapkan rambu tersebut menjadi penanda sekaligus petunjuk bagi warga yang hendak beraktivitas di lokasi kejadian jembatan amblas. Seperti diketahui, jalur tersebut merupakan jalan utama dari Padukuhan Gabugan, Kalurahan Songbanyu, menuju ke pantai sadeng atau Kecamatan Girisubo.

Usai rusak parah diterjang air bah akhir pekan lalu, warga mencari jalan alternatif dengan cara memutar melalui Baran, Rongkop dengan panjang perjalanan berlipat. Begitu pula sebaliknya, jika warga Sadeng menuju perbatasan Jateng, Pracimantoro harus melewati Baran, Rongkop. (gun/bah)

Gunungkidul