RADAR JOGJA – Ruang publik di Gunungkidul terus dilengkapi dengan sarana pendukung keamanan. Salah satunya kamera CCTV. Tidak hanya itu, di pusat keramaian seperti pasar tradisional dipasang pengeras suara imbauan protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Disperindag Gunungkidul Johan Eko Sudarto mengatakan, ada enam pasar tradisional yang akan dipasang closed circuit television (CCTV) meliputi Argosari di Kapanewon Wonosari, Semin, Kapanewon Semin, Pasar Playen, Pasar Legundi di Kapanewon Panggang, Pasar Munggi di Kapanewon Semanu, serta Pasar Trowono Kapanewon Paliyan. “Tahun ini pemasangan pasar Argosari dan Playen. Sedangkan empat pasar lainnya direncanakan tahun depan,” kata Johan Senin (23/11).

Dia menjelaskan, pemasangan kamera pengaman bertujuan untuk meningkatkan keamanan. Selain CCTV, di lokasi pasar juga dipasang pengeras suara yang dapat dioptimalkan dalam pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan pasar sehingga upaya memutus mata rantai penyebaran korona dapat dimaksimalkan. “Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan di pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Disperindag Gunungkidul, Virgilio Soriano menyampaikan, selain CCTV dan pengeras suara juga ada layanan wifi di pasar dan telah dipasang. “Kami juga rutin melakukan perbaikan pasar. Untuk tahun ini, salah satu program perbaikan dilakukan di Pasar Munggi, Semanu,” kata Virgilio. (gun/pra)

Gunungkidul