RADAR JOGJA– Bangunan SD Negeri Sawah di Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang harus dirolaksi, akibat terdampak pelebaran ruas Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Kepala Dinas Pendidikan pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan, relokasi sekolah masuk dalam tahap perencanaan. Mengenai lokasi pengganti saat ini sedang dilakukan pembahasan. “Kami targetkan di 2021 proses pembangunan di lokasi baru sudah bisa dilaksanakan,” kata Bahron Rasyid saat dihubungi Rabu (21/10).

Dikatakan, pemindahan sekolah harus ditarget cepat  sebagai upaya mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Dia berharap lokasi baru nantinya dapat digunakan dengan baik oleh peserta didik untuk menuntut ilmu.

Sementara itu, Lurah Girisekar, Kapanewon Panggang, Sutarpan mengatakan, keberlanjutan pemindahan sekolah masih dalam proses, salah satunya mencari lokasi baru untuk dibangun sekolah. “Dampak dari pelebaran tidak hanya SD sawah, tapi juga lahan milik warga,” kata Sutarpan.

Mantan anggota DPRD Gunungkidul ini berharap pada saat pembebasan lahan pelebaran berjalan dengan lancar. Kemudian harga yang ditetapkan sebagai pengganti dapat diterima warga terdampak.  “Jangan sampai ada masalah dan tidak ada pihak-pihak yang dirugikan,” ucapnya. (gun/bah)

Gunungkidul