RADAR JOGJA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar rapat koordinasi dengan kader Nahdlatul Ulama (NU) Gunungkidul. Langkah ini sebagai upaya memenangkan pasangan calon (Paslon) nomor urut 4 Sunaryanta-Heri Susanto dalam Pilakda 2020.

Dalam pertemuan itu sejumlah petinggi PKB dan Tim Sekretariat Bersama (Sekber) 04 turut hadir. Diantaranya Wakil I Ketua Dewan Syuro PKB DIJ, Sukamto, Ketua Dewan Pengurus Cabang PKB Gunungkidul, Sutiyo, Wakil Ketua CPNU Gunungkidul, Tohari dan Ketua Tim Sekber, Ratno Pintoyo.

”Kami menargetkan tiga calon yang diusung PKB di tiga wilayah DIJ semua menang. Untuk Gunungkidul target kemenangan 40 persen dari total jumlah suara,” kata Wakil I Ketua Dewan Syuro PKB DIJ, Sukamto ditemui disela rapat koordinasi pemenangan Pilkada Gunungkidul Paslon nomor 04, di Siyono, Playen Selasa (20/10).

Dikatakan, sebagai Tim Pemenangan 04, pihaknya melakukan silaturahmi dengan pengurus PKB dan mengundang CPNU dengan tujuan meningkatkan koordinsai. Dalam pilkada 2020, PKB mencalonkan calon bupati dengan no 4 dan mencari cara menang.

”Kami mengajak pendukung jangan sampai menjelekkan pendukung lain. Menghindari konflik, jangan menciptakan keributan namun menjaga keharmonisan,” ucap anggota DPR RI PKB Daerah Pemilihan (Dapil) DIJ itu.

Sukamto juga mengingatkan supaya berjuang maksimal menenangkan pasangan nomor urut 04. Termasuk anggota dewan PKB di DIJ lainnya, harus bertanggungjawab atas kemenangan.

“Kalau kalah kena sanksi. Tanggungjawab pemenangan pertama adalah anggota DPRD PKB baru kemudian sekber,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PCNU Kabupaten Gunungkidul, Tohari mengatakan, paslon yang diusung dalam pilkada kali ini merupakan kader NU. Dengan demikian warga NU dimanapun berada diminta merapatkan barisan. ”Jangan mengeluh. Mintalah sesuatu kepada Allah SWT,” jelasnya.

Pihaknya optimistis, Pilkada 2020 kader NU di Gunungkidul solid dan kompak mendukung serta memenangkan pasangan nomor urut 4. Dalam kesempatan itu Tohari juga mengingatkan kepada pendukung agar menciptakan suasana kondunsif.

Di bagian lain,  Ketua Tim Sekber pasangan nomor urut 4,  Ratno Pintoyo mengapresiasi keberadaan NU.  Di tengah politik pragmatis seperti sekarang ini, NU masih tetap santun. Karena ada kader yang diusung dia berharap warga NU tidak jadi penonton. ”Kedepan (jika menang), NU ada didalamnya untuk mendampingi kekuasaan,” kata Ratno Pintoyo. (gun/bah)

Gunungkidul