RADAR JOGJA – Memasuki musim tanam ketiga 2020, hasil panen padi diklaim lebih baik. Hal ini terlihat dari hasil pengubinan serta produktivitas yang lebih dibandingkan dengan panen di masa tanam kedua.

Seperti di Padukuhan Gelaran I, Bejiharjo, Karangmojo Kamis (8/10). Panen padi lebih berisi dan tumbuh subur. Berbeda dengan pada saat panen kedua beberapa bulan lalu, dimana banyak gabuk (tidak berisi) karena serangan hama wereng.

Salah seorang petani, Surono mengatakan, hasil penen tanam ketiga lebih bagus dan hasilnya maksimal karena mayoritas padi berisi. Menurutnya ketersediaan air di lingkungan areal pertanian cukup bagus di tengah musim kemarau.

“Setelah panen ketiga selesai, kami mempersiapkan lahan penanaman pada musim hujan pertama,” kata Surono.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sari Bumi di Dusun Gelaran I, Supardi Winoto mengatakan hasil pengubinan panen menghasilkan 6,6 ton per hektare. Hasilnya lebih baik dibandingkan dengan panen di masa tanam kedua, yakni per hektar 3,3 ton gabah.

”Setiap hektar bisa panen mencapai 8,9 ton gabah. Secara hasil memang kalah dengan panen pertama, tapi lebih baik dibandingkan dengan panen kedua,” kata Winoto.

Terpisah, Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, sektor pertanian masih menjadi penopang perekonomian masyarakat. Dia mengimbau agar para petani mempertahankan dan sekaligus mengoptimalkan hasil panen.

“Para petani turut mendukung ketahanan pangan Gunungkidul dan DIJ,” kata Badingah.

Sebagai bentuk dukungan, pemerintah menelurkan program peningkatan produksi pertanian sudah jadi prioritas utama. Menurut Badingah, pengembangan pertanian sangat penting untuk kesejahteraan petani.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, meski masuk daerah kering, di beberapa lokasi petani bisa panen padi hingga tiga kali.

“Selain Karangmojo juga ada Kapanewon Semin, Patuk dan Ponjong. Total luasan lahan padi di masa tanam ketiga mencapai 1.000 hektar di empat kapanewon,” kata Bambang Wisnubroto. (gun/bah)

Gunungkidul