RADAR JOGJA – Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan di lingkungan Pemkab Gunungkidul bakal menikmati tunjangan hari raya (THR) dari pemerintah. Rencananya, THR bagi ribuan PNS itu dicairkan besok (hari ini).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Gunungkidul, Putro Sapto Wahyono menjelaskan, sesuai instruksi dari pemerintah pusat, seluruh PNS akan mendapatkan THR. Jumlah PNS penerima THR 8.180 orang, dengan  nominal sekitar Rp 36,5 miliar. “Seluruh PNS kecuali pejabat eselon dua akan mendapatkan THR. Untuk pesiunan di PP (Peraturan Pemerintah) dan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) juga memperoleh, tapi bukan dari APBD,” kata Sapto Minggu (17/5).

Dia merinci, penerima THR adalah ASN sampai level pejabat eselon III. Untuk bupati, wakil bupati, sekretaris daerah, pejabat eselon II dan anggota DPRD tidak menerima THR. Besaran ASN yakni gaji pokok ditambah tunjangan melekat. Sedangkan tunjangan kinerja (tukin), tidak termasuk yang dibayarkan. “Insyaallah, besok (hari ini,red) THR cair,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu tenaga honorer Wasini mengaku bahagia masih bisa kecipratan THR. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, besarannya tidak mengalami perubahan. Meski tidak seberapa namun bisa digunakan untuk kebutuhan keluarga selama lebaran. “Nominalnya masih sama dengan tahun kemarin Rp 400 ribu,” kata Wasini.

Dibagian lain, Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gunungkidul, Ahmad Ahsan Jihandan mengatakan, dewan pengupahan sepakat melaksanakan Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan dan mengimbau kepada perusahaan untuk membuat kesepakatan antara pengusaha dan pekerja.  Kesepakatan itu, sebagai antisipasi kejadian yang tidak terduga apabila perusahaan melakukan pembatasan kegiatan usaha yang mengakibatkan sebagian atau seluruh pekerjaannya tidak masuk kerja.

Dikatakan, perubahan besaran maupun pembayaran termasuk THR harus memperhatikan azas kemanusiaan. ”Termasuk sistem kerja harus ada kesepakatan bersama antara perusahaan dan karyawan,” jelasnya. (gun)

Gunungkidul