RADAR JOGJA  – Seluruh proyek yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dihentikan tahun ini. Lelang proyek Dinas Pekerjaan Umum Perumahaan Rakyat dan Pemukiman (PUPR) Gunungkidul yang dihentikan nilainya mencapai puluhan miliar rupiah.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gunungkidul, Eddy Praptono mengatakan, dasar penghentian lelang proyek DAK adalah Surat Edaran (SE) Kementerian Keuangan Republik Indonesia Nomor S-247/MK.07/2020. “Gunungkidul harus menghentikan proses lelang sesuai dengan ketentuan tersebut,” kata Eddy Praptono Senin (30/3).

Penghentian lelang proyek DAK imbas dari mewabahnya Corona Virus Disease (COVID-19) di beberapa wilayah di Indonesia. Dengan demikian membutuhkan beberapa aksi cepat yang dapat digunakan untuk pencegahan dan melakukan penanggulangan.  “Transfer DAK dibatalkan oleh pusat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sedikitnya ada empat komponen lelang proyek yang dihentikan tahun ini. Mulai dari penghentian proyek insfrastruktur jalan Kepek-Ngobaran senilai Rp 23 miliar, irigasi Rp 4,5 miliar, air bersih Rp 3 miliar, sanitasi Rp 4,9 miliar dan anggaran perumahan kumuh sebesar Rp 2,7 miliar. “Kalau proyek pembangunan jalur alternatif Gading-Nglanggeran tidak termasuk (yang dihentikan),” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Bidang Bina Marga PUPR Kabupaten Gunungkidul Wadiyana mengatakan, saat ini sedianya menggarap dokumen lelang. “Namun seiring dengan munculnya SE Kementrian Keuangan,  proyek DAK di Gunungkidul dihentikan,” kata Wadiyana.

Kemudian untuk proyek menggunakan dana alokasi umum (DAU) jalan terus. Seperti penyelesaian jalur Kepek-Ngrenehan, Saptosari sepanjang 3,5 kilometer, peningkatan jalan menuju Gua Cermai Kecamatan Purwosari sepanjang 0,6 kilometer, perbaikan jalan menuju Gua Pindul sepanjang 1,6 kilometer, serta akses menuju Pantai Ngeden sepanjang 3,7 kilometer. “Jadi ini proyek pembangunan jalan menuju jalur wisata,” ujarnya.

Dikatakan, pembangunan akses menuju jalur wisata sesuai dengan visi misi bupati. Harapannya mempermudah akses pengujung, sehingga perkembangan sektor kepariwisataan bisa tumbuh dengan pesat. (gun/bah)

Gunungkidul