RADAR JOGJA – Peningkatan pelayanan dan keamanan di pusat keramaian sedang menjadi perhatian Pemerintah Kabuaten (Pemkab) Gunungkidul. Salah satunya dengan memperbanyak pemasangan Closed-circuit television CCTV dan WiFi gratis. “Saat ini sedang dipasang CCTV dan WiFi di Terminal Semin, Kecamatan Semin,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dsshub) Kabupaten Gunungkidul Wahyu Nugroho Jumat (24/1).
Dia menjelaskan, pemasangan dua alat elektronik tersebut merupakan tindak lanjut dari harapan masyarakat di wilayah Kecamatan Semin. Mereka menginginkan peningkatan pelayanan dan keamanan di terminal. Sebab di terminal ada geliat perekonomian. Misalnya penjualan tiket. Bahkan saat ini sudah online. “Dan akan lebih mudah jika kami siapkan fasilitas WiFi,” ujarnya.
Tidak hanya itu, fasilitas lain seperti toiled, ruang tunggu, hingga penambahan kios diperbaiki. Dengan demikian diharapkan mampu mendongkrak perekonomian warga setempat. Terminal menjadi ramai dan aman. “Masukan dari komunitas dan masyarakat di sekitar terminal juga dipenuhi seperti penggantian penerangan jalan umum (PJU),” jelasnya.
Seiring perkembangan zaman, mantan kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Gunungkidul itu mengatakan, fasilitas Terminal Semin memang harus ditingkatkan. Selanjutnya masyarakat diimbau ikut menjaga keamanan dan fasilitas yang sudah dibangun pemerintah.“Kami mengajak semua pihak untuk berperan serta menjaga fasilitas yang sudah dibangun,” katanya.
Kepala Dinas Kominfo (Diskominfo) Kabupaten Gunungkidul Kelik Yuniantoro mengaku terus menambah titik pemasangan CCTV. Diharapkan pemantauan keamanan juga sebagai alat pantauan arus kepadatan lalu lintas yang masuk ke Gunungkidul. Serta pengawasan jika terjadi kejahatan. CCTV bisa berputar, sehingga bisa melihat simpang satu ke simpang lainya. “Jika ada yang parkir sembarangan juga bisa kami peringatkan melalui voice announcer,” kata Kelik.
Pihaknya juga memasang voice announcer atau alat pengeras suara untuk mendukung program Gunungkidul sebagai Smart City. Selain itu, juga untuk memantau aktivitas masyarakat saat berada di kawasan tersebut. (gun/din/by)

Gunungkidul