RADAR JOGJA – Pantai Selatan masih menjadi primadona wisatawan selama libur akhir tahun. Pengunjung diminta meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya, ancaman rip current atau arus balik.

Koordinator Tim SAR Korwil II Gunungkidul Marjono mengatakan dalam satu bulan terakhir terjadi sejumlah kasus kecelakaan (laka) laut. Di antara ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa.

“Belum lama ini dua orang meninggal di Pantai Slili Sidoharjo, Tepus. Akibat arus balik,” kata Marjono kemarin.

Pada 12 Desember 2019, dua korban meninggal bernama Ahmad Mustofa, 20, asal Cabean Wetan, Karangduren, Kecamatan Tengaran, Semarang; dan Pardi, 43, warga Pulegundes, Desa Sidoharjo, Tepus (pemilik body board).

Keduanya digulung ombak saat bermain body board. Ahmad tidak sadar papan yang dinaiki berada di area rip current. Pardi hendak menolong justru ikut tenggelam.

“Kondisi ombak di Pantai Selatan tergolong landai, namun yang harus diperhatikan adalah area rip current,” ujar Marjono.

Area tersebut sangat berbahaya. Terbentuk akibat arus datang tegak lurus garis pantai dan menemui garis pantai yang melengkung. Biasanya, arus ini dapat menyeret seseorang yang sedang berenang di pantai.

“Untuk menjaga keamanan kami menerjunkan sebanyak 84 personel,” kata Marjono.

Sekretaris Tim SAR Korwil II Surisdiyanto meminta pengunjung mewaspadai ceruk tebing. Diminta menjauh dari bawah tebing karena bukan lokasi aman untuk berteduh.

“Ceruk tebing sangat membahayakan, rawan runtuh. Pada 2015 sejumlah pengunjung meninggal karena tebing runtuh,” kata Surisdiyanto.

Ancaman arus balik juga terdapat di Pantai Parangtritis Bantul. ‘’Potensi arus balik bisa terjadi di Parangtritis,’’ ujar Komandan Sarlinmas Pantai Parangtritis Ali Jaka Susanto.

Pihaknya telah memasang papan peringatan di sepanjang pantai dan menyiagakan petugas. Setidaknya ada 62 personel disiagakan.

Kunjungan ke Parangtritis sejak kemarin sudah mencapai 10.000 orang. “Kebanyakan wisatawan luar daerah,” ungkap Ali.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo berharap pengunjung berhati-hati selama di pantai. ‘’Harap memerhatikan kebersihan pantai,’’ kata Kwintarto. (gun/inu/iwa/rg)

Gunungkidul