RADAR JOGJA – Jalan wisata yang menghubungkan Kepek menuju Pantai Ngobaran Kanigoro, Saptosari ditarget selesai 2020. Disiapkan dana sebesar Rp 35 miliar untuk meneruskan pengerjaan jalan tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Eddy Praptono mengatakan, tahun ini dialokasikan Rp 7 miliar untuk membangun jalan sepanjang 1,2 kilometer. ’’Jalur Kepek-Ngobaran yang belum digarap 3,5 km,’’ ujar Eddy (12/12).

Untuk menyelesaikan jalur tersebut, pemkab menyiapkan anggaran Rp 35 miliar. Bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik sebesar Rp 23 miliar. Sisanya, diambilkan dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang disalurkan dalam APBD.

Kepala Seksi Pemeliharaan, Bidang Bina Marga, DPUPRKP Gunungkidul Wadiyana mengatakan pembangunan jalur Kepek-Ngobaran sempat terkendala anggaran. Penyebabnya, anggaran DAK yang disetujui hanya Rp 23 miliar.

“Kelanjutan pembangunan ada titik temu setelah ada koordinasi dengan Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Surabaya beberapa waktu lalu untuk membahas anggaran DAK,” kata Wadiyana.

Pembangunan jalur Kepek-Ngobaran strategis. Karena jalan yang ada sekarang tidak representatif. Tak bisa dilalui bus besar.

Mendukung sektor pariwisa, perlu dibuatkan jalan baru. Saat ini, jumlah ruas jalan di Gunungkidul sepanjang 1.200 kilometer. Kategori rusak 60 persen, kondisi baik 40 persen.

“Masih banyak jalan rusak. Dan setiap tahun terus diperbaiki,” ujar Wadiyana. (gun/iwa/rg)

Gunungkidul